Abstract
PENDAHULUAN
Buku laporan Rektor tahun 1984 yang dibuat untuk Dies Natalis Universitas Indonesia yang ke XXXVI ini merupakan rangkaian laporan kegiatan Universitas Indonesia beserta unit-unit kerjanya selama satu tahun yang telah berjalan, yaitu tahun 1984. Dan ruang lingkup dari laporan Rektor ini meliputi laporan kegiatan dari bidang-bidang Akademik, Administrasi Umum, Kemahasiswaan, Lembaga, Unit pelaksana serta Badan lainnya yang non-struktural.
Kita mulai laporan ini dengan menyampaikan susunan nama dari Pimpinan Universitas Indonesia. Ada sedikit perubahan pada Pimpinan Universitas Indonesia, yaitu diangkatnya Drs. Djamang Ludiro sebagai Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (III) berhubung Ir. Djoko Hartanto diangkat menjadi Direktur Kemahasiswaan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rektor--- Prof. Dr. Nugroho Notosusanto
Pembantu Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Prof. W.A.F.J. Tumbelaka
Pembantu Rektor Bidang Administrasi - Dr. Satrio Budihardjo Joedono
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan -- Drs. Djamang Ludiro
Pembantu Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dibantu oleh dua orang tenaga Staf Ahli, yaitu dr. Fahmi D. Saifudin, MPH untuk Bidang Penelitian dan Perpustakaan dan dr. Firman Lubis, MPH untuk Bidang Pengabdian Masyarakat.
Dengan ditetapkannya dra. Soesmalijah Soewondo sebagai Dekan Fakultas Psikologi pada tanggal 17 Maret 1984 maka pada tanggal 30 Juli 1984 untuk Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan diangkat dra. Semiati Ibnu Umar. Di samping itu pada tanggal -19 November 1984 diangkat Ketua Lembaga Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat yaitu Prof. Dr. Tapi Omas Ichromi.
Dengan demikian susunan organisasi dan pejabat di Universitas Indonesia adalah sebagai berikut
Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan - dra. Semiati Ibnu Umar
Kepala Biro Administrasi Umum Sanyo to Subekti, SE
Ketua Lembaga Penelitian --- Prof_ Dr. Sujudi
Ketua Lembaga Pengabdian pada
Masyarakat - Prof. Dr. Tapi Omas rchromi