Abstract
Keperawatan pada klien yang dirawat lama pada ruang rehabilitasi belum dikenal masyarakat, sedangkan mereka melaksanakan pelayanan keperawatan secara komprehensif dan holistik. Penelitian ini mempelajari pengalaman perawat pelaksaua dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien yang dilakukan rehabilitasi medik di RSPAD Gatot Subroto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini dalah sebanyak 5 orang, dan mereka mempunyai karateristik yang berbeda. Perawat pelaksana yang dijadikan partisipan sudah diidentifikasikan sebelumnya,sehingga diharapkan telah mempunyai pengalaman yang cukup dalam melaksanakan tugasnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, sedangkan analisa data dilakukan dengan cara Colaizi. Dari analisa data tersebut ditemukan 5 tema yaitu: 1). Motivasi perawat pelaksana dalam bekerja, 2). Makna bekerja bagi perawat pelaksana, 3). Cara merawat pasien, 4) Hambatan dalam bekerja, 5) Kebutuhan dan harapan perawat pelaksana dalam bekerja.

Kesimpulan: Pengalaman para perawat pelaksana menunjukkan bahwa motivasi bekerja adalah sebagai tugas, disamping itu kegembiraan atas keberhasilan dalam merawat pasien juga menjadi motivasi. Selanjutnya disimpulkan pula bahwa perawat pelaksana membutuhkan pelatihan guna kelancaran tugasnya disamping itu mereka juga ingin memperoleh kesempatan untuk melanjutkan kejenjang yang yang lebih tinggi.

Rekomendasi yang diajukan adalah agar pihak Direksi dan Manajemen Keperawatan memfasilitasi kebutuhan para perawat pelaksana dan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan guna meningkatkan mutu asuhan keperawatan disamping itu pembinaan yang terus menerus akan nilai-nilai luhur yang diyakini perawat pelaksana perlu dilakukan.