Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Judul Evaluasi program corporate social responsibility dan community development pada industri tambang dan MIGAS / Dody Prayogo
Nomor Panggil PDF
Pengarang
Subjek
Penerbitan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
Kata Kunci evaluation method · corporate social responsibility · community development · corporate social performance · social legitimacy ·
 Info Lainnya
ISSN24069183
Deskripsi Fisiknone
Catatan Umumnone
VolumeVol. 15, No. 1, July 2011: Hal. : 43-58
Akses Elektronik http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/view/893
Institusi Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
  • Tampilan MARC
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
PDF TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20441571
Program corporate social responsibility (CSR) dan community development (CD) telah menjadi kegiatan wajib bagi
semua korporasi setelah disahkannya UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Khusus bagi industri tambang
dan migas, program ini memiliki posisi strategis guna membangun relasi resiprokal antara korporasi dengan pemangku
kepentingan (stakeholder)-nya. Berhasil atau gagalnya program ini dapat turut menentukan ?keabsahan sosial?
korporasi. Untuk itu diperlukan evaluasi agar dapat menunjukkan kelebihan dan kekurangan program CSR dan CD
yang telah dilakukan. Evaluasi ini sangat penting dilakukan untuk membangun dan menjamin relasi yang baik antara
korporasi dengan pemangku kepentingan-nya. Untuk itu, artikel ini memaparkan hal-hal pokok dalam evaluasi
program, berkenaan dengan apa (definisi) dan bagaimana (metode) evaluasi program CSR dan CD harus dilakukan,
serta bagaimana implikasi (signifikansi) hasil evaluasi secara bisnis, social, dan legal.

Corporate social responsibility (CSR) and community development (CD) programs are now a legal requirement that
should be implemented by corporations after the enactment of UU No. 40 Tahun 2007 with the limited liability
company. Especially for mining and oil corporations, CSR and CD programs are strategic and significant in order to
develop good and reciprocal relationships between corporation and its stakeholders. The successes or failure of the
implementation of CSR and CD will directly influence ?social legitimacy? of the corporation. Hence, evaluation of the
program implementation is strategic in order to assess the social performance of the corporations. The result of
evaluation is also important to ensure the relationships between corporation and its social stakeholders. In this regard,
this article deals with the meaning of evaluation (definition), how to conduct the evaluation (method), and what is the
implication (significance) of CSR and CD program, socially, legally and commercially.
004
020
02224069183
040LibUI ind rda
041ind
049[]
053[]
082
090PDF
100Dody Prayogo, author
110
111
240
245|a Evaluasi program corporate social responsibility dan community development pada industri tambang dan MIGAS / Dody Prayogo |c
246
250
260
260|a |b Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia |c 2011
270
300
3102 x setahun
321
336text (rdacontent)
337computer (rdamedia)
338online resource (rdacarrier)
340
362
490
500
502
504
515
520Program corporate social responsibility (CSR) dan community development (CD) telah menjadi kegiatan wajib bagi semua korporasi setelah disahkannya UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Khusus bagi industri tambang dan migas, program ini memiliki posisi strategis guna membangun relasi resiprokal antara korporasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder)-nya. Berhasil atau gagalnya program ini dapat turut menentukan ?keabsahan sosial? korporasi. Untuk itu diperlukan evaluasi agar dapat menunjukkan kelebihan dan kekurangan program CSR dan CD yang telah dilakukan. Evaluasi ini sangat penting dilakukan untuk membangun dan menjamin relasi yang baik antara korporasi dengan pemangku kepentingan-nya. Untuk itu, artikel ini memaparkan hal-hal pokok dalam evaluasi program, berkenaan dengan apa (definisi) dan bagaimana (metode) evaluasi program CSR dan CD harus dilakukan, serta bagaimana implikasi (signifikansi) hasil evaluasi secara bisnis, social, dan legal.

Corporate social responsibility (CSR) and community development (CD) programs are now a legal requirement that should be implemented by corporations after the enactment of UU No. 40 Tahun 2007 with the limited liability company. Especially for mining and oil corporations, CSR and CD programs are strategic and significant in order to develop good and reciprocal relationships between corporation and its stakeholders. The successes or failure of the implementation of CSR and CD will directly influence ?social legitimacy? of the corporation. Hence, evaluation of the program implementation is strategic in order to assess the social performance of the corporations. The result of evaluation is also important to ensure the relationships between corporation and its social stakeholders. In this regard, this article deals with the meaning of evaluation (definition), how to conduct the evaluation (method), and what is the implication (significance) of CSR and CD program, socially, legally and commercially.
533
534
536
546
590
650Community development ; Corporate Social Responsibility.
653evaluation method; corporate social responsibility; community development; corporate social performance; social legitimacy
700
710
711
850Universitas Indonesia
852Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
856 http://hubsasia.ui.ac.id/index.php/hubsasia/article/view/893
866
900
902
903[]