Deskripsi Lengkap :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership)

Perkembangan keberagaman remaja dan faktor-faktor yang berperan di dalamnya

Nomor Panggil S3240
Pengarang
Pengarang lain/Kontributor
Subjek
Penerbitan [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003
Program Studi
Kata Kunci :  
 Info Lainnya
Kode Bahasa ind
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten text
Tipe Media unmediated ; computer
Tipe Carrier volume ; online resource
Deskripsi Fisik vi,122 pages ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi pages 120-122
Naskah Ringkas
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  •   File Digital: 1
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S3240 14-19-494855596 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20287385
ABSTRAK
Permasalahan remaja, baik yang berdampak buruk terhadap remaja itu
sendiri maupun orang lain dan lingkungan sekitarnya, tenis mengalami
peningkatan. Hal ini terkait dengan adanya kekhasan karakteristik perkembangan
remaja yang menipakan masa transisi dalam rentang kehidupan manusia. Pada
masa ini, seorang remaja diharapkan mampu memenuhi tugas perkembangan yang
ada dan menyelesaikan konflik dalam beberapa aspek hidupnya agar mampu
mencapai keseimbangan psikologis dan membentuk jati diri yang utuh. Salah satu
aspek tersebut, yang sekaligus mampu membimbing aspek-aspek lain dalam
perkembangan remaja adalah aspek ideologi yang diantaranya berupa agama.
Penelitian ini bertujuan unuk mendapatkan gambaran mengenai
perkembangan keberagamaan yang dialami remaja beserta faktor-faktor yang
berperan di dalamnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi
lembaga atau pihak-pihak yang telah dan akan melakukan bimbingan atau
intervensi lainnya dalam rangka membantu perkembangan remaja, khususnya
pada aspek agama.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan subyek
sebanyak 4 orang siswa kelas 2 dan kelas 3 SMU, dalam rentang usia 16-17 tahun,
yang beragama Islam. Alasan pemilihan tersebut adalah untuk memperkecil
rentang usia dan mendapatkan kesamaan latar belakang agama antar subyek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan keberagamaan yang
dominan dialami subjek dalam penelitian ini (lebih dari dua orang) adalah
religious awakening (peningkatan keberagamaan), religious douht (keraguan
beragama) dan changes in religious beliefs (perubahan dalam keyakinan
beragama). Sedangkan changes in religious observances (perubahan dalam ritual
agama) terlihat secara jelas hanya pada 1 subjek dan increase in religious
tolerance (peningkatan toleransi beragama) muncul pada 2 orang subjek.
Adapun faktor-faktor yang berperan dalam perkembangan keberagamaan,
yang dominan dialami subjek dalam penelitian ini adalah faktor kognitif, keluarga
(bagian dari faktor sosial), dan faktor personal. Sedangkan peer (teman sebaya),
sekolah dan budaya sebagai bagian lain dari faktor sosial hanya berperan bagi 1 atau 2 subjek. Begitupun halnya dengan peran dari pengalaman maupun
kebutuhan-kebutuhan yang tidak teipenuhi.
Penelitian ini akan lebih baik dan lebih kaya hasilnya jika ruang lingkup
penelitian diperluas, misalnya latar belakang agama yang lebih heterogen. Selain
itu, rentang usia yang beragam yaitu remaja awal dan remaja akhir juga dapat
dilakukan untuk mendapatkan perbandingan mengenai perkembangan
keberagamaan yang dialami beserta faktor-faktor yang berperan dalam di
dalamnya.