Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal

Pelayanan keperawatan prima berbasis budaya berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit / Suroso, Rr Tutik Sri Haryati, Enie Novieastari

Nomor Panggil 610 UI-JKI 18:1 (2015)
Pengarang
Pengarang/kontributor lain
Subjek
Penerbitan Department of Health Administration and Policy, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia, 2015
Kata Kunci culture · nursing · patient satisfaction · service excellence ·
 Info Lainnya
ISSN14104490
Deskripsi Fisiknone
Catatan Umumnone
VolumeVol. 18, No. 1 Maret 2015: Hal 38-44
Akses Elektronik http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/396/507
Institusi Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • File Digital: 0
  • Ulasan
  • Sampul
  • Abstrak
  • Tampilan MARC
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 UI-JKI 18:1 (2015) 03-19-910113514 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20484995
ABSTRAK
Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang diterima dapat diwujudkan dengan melaksanakan pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan prima berbasis budaya terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan pre and post with control group design. Jumlah sampel adalah tiga puluh lima perawat dan seratus empat puluh pasien. Teknik pengambilan sampel untuk perawat menggunakan total sampling, sementara untuk pasien dilakukan dengan consecutive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna (p< 0,05) terhadap tingkat kepuasan pasien setelah perawat mendapatkan pelatihan pelayanan prima berbasis budaya pada sebelum dan sesudah di kelompok intervensi. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya meningkatkan peran supervisi agar keberlangsungannya tetap terjaga. Selain itu, untuk penelitian berikut dapat juga dilakukan dengan model triangulasi.
ABSTRAK
Nursing Care Prima Culture-Based Influence to Patient Satisfaction in Hospitals. This research aimed to determine the effect of service excellent based on culture to patient satisfaction level in installation of hospitalization Hospital Jayapura. This research is a quasi experiment with pre and post with control group design. The number of samples is someone 35 nurses and 140 patients. The results showed have significant effect (p< 0,05) on the level of patient satisfaction after nurses receive training excellent service based onculture pre and post intervention group. Recommendations can be given is the need to enhance the role of supervision in order to maintain continuity, for the following research maybe done by triangulation models.
004
020
02214104490
040LibUI ind rda
041ind
049[03-19-910113514]
053[03-19-910113514]
082
090610 UI-JKI 18:1 (2015)
100Suroso, author
110
111
240
245|a Pelayanan keperawatan prima berbasis budaya berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit / Suroso, Rr Tutik Sri Haryati, Enie Novieastari |c
246
250
260
260|a Depok |b Department of Health Administration and Policy, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia |c 2015
270
300
310Tiga kali setahun
321
336text (rdacontent)
337unmediated (rdamedia)
338volume (rdacarrier)
340
362
490
500
502
504
515
520ABSTRAK
Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang diterima dapat diwujudkan dengan melaksanakan pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelayanan prima berbasis budaya terhadap tingkat kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan rancangan pre and post with control group design. Jumlah sampel adalah tiga puluh lima perawat dan seratus empat puluh pasien. Teknik pengambilan sampel untuk perawat menggunakan total sampling, sementara untuk pasien dilakukan dengan consecutive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna (p< 0,05) terhadap tingkat kepuasan pasien setelah perawat mendapatkan pelatihan pelayanan prima berbasis budaya pada sebelum dan sesudah di kelompok intervensi. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya meningkatkan peran supervisi agar keberlangsungannya tetap terjaga. Selain itu, untuk penelitian berikut dapat juga dilakukan dengan model triangulasi. ABSTRAK
Nursing Care Prima Culture-Based Influence to Patient Satisfaction in Hospitals. This research aimed to determine the effect of service excellent based on culture to patient satisfaction level in installation of hospitalization Hospital Jayapura. This research is a quasi experiment with pre and post with control group design. The number of samples is someone 35 nurses and 140 patients. The results showed have significant effect (p< 0,05) on the level of patient satisfaction after nurses receive training excellent service based onculture pre and post intervention group. Recommendations can be given is the need to enhance the role of supervision in order to maintain continuity, for the following research maybe done by triangulation models.
533
534
536
546
590
650Nursing services.
653culture; nursing; patient satisfaction; service excellence
700Rr Tutik Sri Haryati, author; Enie Novieastari, author
710
711
850Universitas Indonesia
852Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
856http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/396/507
866
900
902
903[]