Universitas Indonesia Library
The Crystal of Knowledge
CAMBRIDGE LIBRARIANSÂ’ DAY 2017: BUILDING BRIDGES WITH LIBRARIES
Post on 31-01-2017

Senin (16/1), Perpustakaan UI bekerja sama dengan Cambridge University Press Asia (CUP) menyelenggarakan acara Cambridge Librarians’ Day (CLD) 2017. Acara ini dihadiri oleh 116 pustakawan dari berbagai instansi di dalam dan luar negeri. Negara-negara yang berpartisipasi di acara ini di antaranya adalah Amerika Serikat, China, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Pelaksanaan CLD 2017 bertujuan untuk membangun koneksi antara perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi di wilayah Asia. Acara ini dibuka oleh Dr. Hamid Chalid, S.H., LL.M (Wakil Rektor UI Bidang SDM, Pengembangan, dan Kerjasama). Selain itu, di awal acara, peserta CLD dihibur dengan pertunjukan Tari Saman, tarian khas Aceh, yang dibawakan oleh Liga Tari UI.

Acara ini diisi oleh pemaparan materi dari pimpinan perpustakaan perguruan tinggi dari wilayah Asia dan Amerika Serikat. Beberapa narasumber yang memberikan materi di antaranya adalah Beau Case (University of Michigan), Victoria Caplan (Hong Kong University of Science and Technology), Foster Zhang (Chinese University of Hong Kong), Prof. Hao Ren Ke (National Taiwan Normal University), Fuad Gani (Universitas Indonesia), dan Nawang Purwanti (Universitas Gadjah Mada). Para pembicara ini memaparkan materi tentang peran perpustakaan, anggaran pengadaan koleksi, promosi perpustakaan, hubungan antara perpustakaan dan pengguna, serta hubungan antara perpustakaan dan penerbit.

Acara Cambridge Librarians’ Day 2017 berlangsung pukul 08.30-17.00 WIB. Di akhir acara, peserta dipersilakan mengikuti library tour ke lantai 1 dan lantai 2 Perpustakaan UI. Adapun materi para narasumber telah dapat diunduh di website CLD, yaitu lib.ui.ac.id/cld.

, || User : Universitas Indonesia Library || Best view with  Firefox