Regulasi (#3)

Regulasi (#3)

PEDOMAN KEBIJAKAN PENGGUNAAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS INDONESIA

Kebijakan pemanfaatan seluruh fasilitas yang ada diatur sebagai berikut:

  • Fasilitas Belajar Mandiri
    Terdapat di lantai 2, 3, dan 4 Perpustakaan UI. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pengunjung Perpustakaan UI.

  • Fasilitas Meja Diskusi
    Terdapat di lantai 2, 3, dan 4 di area terbuka Perpustakaan UI. Fasilitas ini dapat digunakan untuk pengunjung Perpustakaan UI.

  • Ruang Diskusi Tertutup
    Ruang Diskusi Tertutup adalah beberapa ruang di gedung Perpustakaan UI yang terletak di lantai 2 dan 3 dan dapat digunakan oleh Siva UI untuk keperluan akademik seperti diskusi tugas kuliah.

   KEBIJAKAN

    1. Ruang diskusi diprioritaskan khusus bagi Siva UI
    2. Waktu pemanfaatan Ruang Diskusi Tertutup sesuai dengan jam buka layanan, yaitu Senin – Jumat pukul 08.00 – 19.00 WIB, Sabtu pukul 08.00 – 16.00 WIB.
    3. Perizinan Ruang Diskusi Tertutup minimal 1 hari sebelum penggunaan.
    4. Tidak diperkenankan makan dan minum di ruang diskusi.
    5. Pengguna bertanggung jawab atas kerapihan ruangan selama digunakan.

    PROSEDUR

    1. Pengguna mengajukan surat izin minimal 1 hari sebelum penggunaan ke staf bagian Fasilitas yang ada di meja sirkulasi lantai 1.
    2. Petugas menjelaskan hak dan kewajiban pengguna.
    3. Pengguna memberikan kartu identitas yang masih berlaku kepada petugas sebagai jaminan.
    4. Petugas membantu menyiapkan fasilitas yang diperlukan di ruangan.
    5. Setelah acara berlangsung, pengguna melaporkan ke bagian fasilitas.

 

  • Fasilitas Ruang Internet
    Fasilitas ruang internet hanya digunakan khusus untuk Mahasiswa UI. Akses ruang komputer harus menggunakan KTM.

  • Ruang Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana
    Pada ruang ini disediakan meja, kursi, komputer kerja, wifi, serta Pustakawan Rujukan. Ruang ini dikhususkan untuk mahasiswa S2 dan S3 UI.

  • Ruang Kubikus
    Ruang kubikus terletak di lantai 2 Gedung Perpustakaan UI dan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa S3 yang sedang menyusun disertasi. Jalan akses masuk ke Ruang Kubikus adalah melalui lantai 2 dan ruang komputer, tetapi tetap harus melakukan tap saat memasuki Ruang Internet. Dalam Ruang Kubikus, tidak diperkenankan untuk diskusi dengan mahasiswa.

   KEBIJAKAN

    1. Ruang kubikus diprioritaskan khusus bagi para kandidat doktor.
    2. Waktu penggunaan kubikus adalah 1 bulan.
    3. Waktu pemanfaatan ruang kubikus sesuai dengan jam buka layanan Ruang Internet.
    4. Pengguna ruang kubikus wajib menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kubikus dan tidak meninggalkan sampah/makanan/minuman di dalam ruangan.
    5. Tidak diperkenankan meninggalkan barang-barang berharga di dalam ruang kubikus.
    6. Tidak diperkenankan memasak di ruang kubikus.
    7. Kehilangan barang di dalam ruang kubikus bukan menjadi tanggung jawab manajemen perpustakaan.
    8. Pengguna wajib mengembalikan kunci setelah masa pinjam berakhir.
    9. Keterlambatan pengembalian kunci akan dikenakan denda sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) per hari.
    10. Petugas berhak mengeluarkan barang yang ada di dalam ruang kubikus 10 (sepuluh) hari setelah masa pinjam berakhir dan barang akan disimpan di tempat khusus selama maksimal 3 (tiga) bulan. Setelah 3 (tiga) bulan kehilangan dan kerusakan barang bukan menjadi tanggung jawab perpustakaan.
    11. Segala sesuatu yang berkaitan dengan Layanan Ruang Kubikus dapat menghubungi bagian fasilitas di Sirkulasi lantai 1.

   PROSEDUR

    1. Pengguna mengajukan surat pemesanan ruangan kubikus ke staf bagian Fasilitas di Sirkulasi lantai 1.
    2. Petugas menjelaskan hak dan kewajiban pengguna.
    3. Petugas melakukan serah terima ruangan dan memberikan kunci lemari serta kunci pintu.
    4. Pengguna mengembalikan kunci setelah masa pinjam berakhir.
    5. Jika ingin kembali menggunakan ruangan maka pengguna harus mengisi kembali daftar antrian penggunaan kubikus.

 

  • Ruang Layanan Pencegahan Plagiarisme
    Terdapat di lantai 3. Disediakan komputer sebanyak 4 buah dan dapat berkonsultasi dengan petugas.