001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Widayatri Sekka Udaranti, supervisor |
336 Content Type | |
264b Nama Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | |
049 No. Barkod | 14-22-08375085 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
504 Catatan Bibliografi | hlm. 76-83 |
338 Carrier Type | |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Unggah UI-ANA |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 14-22-08375085 |
Tahun Buka Akses | 2013 |
653 Kata Kunci | |
040 Sumber Pengatalogan | |
245 Judul Utama | Hubungan School Well-being dengan prestasi akademik pada siswa berbakat akademik kelas XI SMA program akselerasi di Jakarta = The relationship between school Well-being and academic achievement of academic gifted student grade XI high school student acceleration program in Jakarta |
264c Tahun Terbit | 2013 |
650 Subyek Topik | Academic achievement |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Prestasi akademik sebagai salah satu prediktor kesuksesan siswa di sekolah dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Konstruk yang menjelaskan faktor internal dan eksternal yang memengaruhi prestasi akademik ini adalah school well being, dikembangkan oleh Konu & Rimpelä (2002). Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara school well-being dengan prestasi akademik bagi siswa berbakat akademik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA program akselerasi di Jakarta. Sebanyak 52 siswa menjadi sampel penelitian ini. Penelitian dilakukan menggunakan kuisioner untuk mengukur school well-being siswa dan tes prestasi akademik yang menggunakan soal Ujian Akhir Nasional pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia.
Hasil analisis menunjukkan bahwa school well-being memiliki hubungan positif yang signifikan dengan prestasi akademik pada siswa berbakat akademik. Hasil analisis tambahan, menunjukkan bahwa dimensi having memiliki hubungan positif yang signifikan dengan prestasi akademik pada siswa berbakat akademik. Selain itu, dalam penelitian ini ditemukan perbedaan yang signifikan pada prestasi akademik siswa berdasarkan latar belakang pendidikan ibu. Ditemukan pula perbedaan yang tidak signifikan antara school well-being dengan jenis kelamin, school well-being dengan latar belakang pendidikan orang tua, prestasi akademik berdasarkan jenis kelamin, dan prestasi akademik berdasarkan latar belakang pendidikan ayah.
......Academic achievement is predictor of student success in school, affected by internal and external factor. One construct that describes internal and external factor that affects academic achievement is a school well being by Konu & Rimpelä (2002). This research was conducted to examine the relationship between school well-being of academic achievement for students with academic gifted. The research was conducted on the students of class XI Acceleration Program in high school. Total sample comprised 52 students.
Result indicated that school well-being has a significant positive correlation with academic achievement in academic gifted students. In comparison, it was found thas just only having dimension of school well-being that has a significant positive correlation with academic achievement in academic gifted students. In addition, there was a significant difference in the academic achievement of students based on maternal education. Moreover, there are no significant differences between the school wellbeing by gender, school well-being based on parental education, academic achievement by gender, and academic achievement based on father's education. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Putri |
090 No. Panggil Setempat | S45439 |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Psikologi |
100 Entri Utama Nama Orang | Haniva Az Zahra, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xiii, 83 hlm. ; il. : 28 cm. + lamp. |
904a Pengisi Lembar Kerja | Oki-Wiradha |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | http://lib.ui.ac.id/unggah/?q=system/files/Haniva Az Zahra-Skripsi-F.Psi-2013_1.pdf |
502 Catatan Jenis Karya | Skripsi |
041 Kode Bahasa | ind |