001 Hak Akses (open/membership)open
700 Entri Tambahan Nama OrangLeirissa, Richard Zakarias, promotor; Edi Sedyawati, 1938-, co-promotor; Priyanto Rustadi, examiner; Sapardi Djoko Damono, 1940-2020, examiner; Wardiningsih Soerjohardjo, examiner; Zeffry Alkatiri, examiner; Wagiono Ismangil, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan Korporasi
049 No. Barkod07-17-262298589
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 3
504 Catatan Bibliografi
338 Carrier Typevolume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
903 Stock OpnameRDA-Wiradha2017
Tahun Buka Akses
053 No. Induk07-17-262298589
653 Kata Kunciiklan; ideologi; strata sosial; kolonial
040 Sumber Pengatalogan
245 Judul UtamaPenggambaran sosok manusia dalam iklan di majalah De Zweep/D'orient dan pandai Poestaka tahun 1922-1942 analisis ideologis media massa Kolonial
264c Tahun Terbit2009
650 Subyek TopikHistory in mass media
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar Kerja
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariDisertasi ini membahas tentang ideologi yang terdapat pada sosok manusia dalarn iklan-iklan majalah De Zweep / D'Orient dan Pandji Poestaka di tahun 1922 - 1942. Sosok-sosok rnanusia di dalam iklan-iklan pada ketiga majalah tersebut dianalisa tanda-tanda yang melekat pada dirinya dan dikaitkan dengan konteks sejarah masa itu untuk menemukan ideologi yang menguasai. Ditemukan bahwa sosok manusia yang muncul dalam iklan sangat terkait dengan strata sosial yang berlaku saat itu. Iklan menjadi bagian dari proses konstruksi kelas sosial. Pada awal tahun (1920-an) ideologi yang dominan adalah ideologi kolonial dengan Belanda sebagai lapis atas. Antara De Zweep / D'Orient sbagai majalah Berbahasa Belanda dan Pandji Poestaka yang berbahasa Melayu juga bisa dibedakan ideologi yang melatar belakanginya. ......This dissertation analize the ideology behind the image of human characters in magazines advertisement. The magazines analized is De Zweep/D'Orient and Pandji Poestaka that published between the year 1922 - 1942. The visual attributes that tied to the human characters in those three magazines ad are considered as signs that lead to the ideology. The existence of human characters in the advertisement represent the social class system in that era. Advertisement became part ofthe social class construction. At the beginning, (1920's) the dominant ideology was ofthe Dutch as the ruling class. The advertisemenst achust itself to the situation. De Zweep / D'Orient as a dutch magazine and Pandji Poestaka as a Malay magazine also dU'err in ideology.
090 No. Panggil SetempatD967
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typeunmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Sejarah
100 Entri Utama Nama OrangIwan Gunawan, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikx, 600 pages : illustration ; 30 cm + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAditya Mega, Nisrina Fairus Widiasmara
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaDisertasi
041 Kode Bahasaind