902 Harga | |
533 Catatan reproduksi | |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Nunuk Suryani, Akhmad Arif Musadad |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta; Indonesia |
091 No. Panggil Setempat Majalah | 974 PATRA 18:2 (2017) |
049 No. Barkod | 04-18-347098676 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
515 Penyimpangan/penomoran | |
338 Carrier Type | volume (rdacarrier) |
490 Seri | |
270 Alamat Penerbit, Suplier | |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | |
053 No. Induk | 04-18-347098676 |
321 Frekuensi lama | |
653 Kata Kunci | Industry of batik kenongo; Learning of history; discovery learning |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Industri batik kenongo di madiun: eksplorasi dalam pembelajaran sejarah melalui discovery learning / Laili Mastihoh Hamdiyah |
264c Tahun Terbit | 2017 |
650 Subyek Topik | History of Batik Industry |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Artikel ini didarkan pada hasil penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan model discovery learning dalam proses pembelajaran untuk mengeksplorasi materi sejarah lokal tentang industri batik Kenongo di Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah industri batik Kenongo merupakan bagian dari sejarah lokal yang harus dieksplorasi dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu discovery learning. Selain untuk memperkenalkan batik kenongo pada siswa (khususnya di Madiun), eksplorasi Juga bisa meningkatkan kecintaan mereka terhadap kebudayaan lokal. Hal ini y=terlihat saat ada siswa melakukan penelitian di Desa Kenongorejo, Kabupaten Madiun yang merupakan tempat industri batik tersebut. eksplorasi sejarah industri batik Kenongo dalam pembelajaran sejrah melalui model discovery learning mampu membangkitkan antusiasme siswa terhadap informasi kesejarahan dari batik Kenongo. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa model discovery learning mampu memberikan kesempatan yang seluas luasnya kepada siswa untuk mengkonstruksi pemahaman sejarah mereka terhadap sejarah industri batik Kenongo di Madiun |
022 ISSN (R) | 14115239 |
525 Cat. suplemen/index/spec. issua | |
090 No. Panggil Setempat | 974 PATRA |
061 Tanggal akhir diterima/langgan | |
500 Catatan Umum | |
337 Media Type | unmediated (rdamedia) |
100 Entri Utama Nama Orang | Laili Mastihoh Hamdiyah, author |
264a Kota Terbit | Yogyakarta |
300 Deskripsi Fisik | |
904a Pengisi Lembar Kerja | Nicholas Sio Pradiva |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
246 Judul Alternatif | |
310 Frekuensi Terbit | Tiga kali setahun |
041 Kode Bahasa | ind |
362 Tanggal Terbit Awal | |