001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Donna Asteria, supervisor |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
049 No. Barkod | 11-22-48705982 |
504 Catatan Bibliografi | pages 19-21 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 11-22-48705982 |
Tahun Buka Akses | - |
653 Kata Kunci | youtube; sumber pembelajaran akademis; mahasiswa |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Pemanfaatan youtube sebagai sumber pembelajaran akademis alternatif bagi mahasiswa = Utilization of youtube as an alternative source of academic learning for students |
264c Tahun Terbit | 2020 |
650 Subyek Topik | YouTube (Electronic resource); Learning for all |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | tanti-September2022 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Youtube merupakan salah satu sumber informasi pembelajaran alternatif yang tersedia didalam internet. Terdapat berbagai macam bentuk media penyampaian informasi yang tersedia didalamnya, baik secara audio, visual, maupun audio-visual. Khan Academy adalah salah satu contoh penyedia informasi pembelajaran berbentuk audio-visual yang terdapat dalam website youtube, yang pertama kali dibuat pada tahun 2008. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah konten pembelajaran yang disediakan oleh Khan Academy bersifat informatif serta dapat dipahami secara jelas oleh mahasiswa sebagai salah satu sumber informasi pembelajaran alternatif yang mereka gunakan. Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi literatur dimana penulis mengobservasi konten audio-visual pada kanal pembelajaran Khan Academy sebagai contoh utama terkait keberadaaan sumber informasi pembelajaran tersebut dapat dipahami secara jelas dan informatif untuk mahasiswa, berdasarkan teori media richness dan standar konten informasi pembelajaran audio-visual yang bermanfaat dan informatif untuk mahasiswa. Penulis menemukan bahwa keberadaan konten video dalam kanal pembelajaran pada website youtube merupakan suatu hal yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai salah satu sumber pembelajaran akademis alternatif oleh mereka, hal ini didasarkan oleh observasi konten audio-visual pada kanal Khan Academy yang telah sesuai dengan empat aspek dalam teori richness serta memenuhi standar konten informasi pembelajaran yang bermanfaat dan informatif untuk mahasiswa.
......Youtube is one of alternative learning information that is available on the internet. There are many forms of media that is used to deliver information that is available inside, be it by audio form, visual form, or audio-visual form. Khan Academy is one of the example of audio-visual learning information provider on youtube, which was first created back in 2008. This journal aims to observe and describe whether the learning content provided by Khan Academy is informative enough and can be clearly understood by students as one of alternative sources for learning information the student use. The method used in this journal is a literature study in which which the author observes audio-visual content on the Khan Academy learning channel as the main example regarding the existence of learning information sources that can be understood clearly and informatively for students, based on richness media theory and standard audio-learning information content. useful and informative visuals for students. The author found that the existence of video content in the learning channel on the YouTube website is something that can be effectively used by students as their alternative source of academic learning information. This is based on the result of the observation of the audio-visual content that Khan Academy delivers is in accordance with the four main aspects of media richness theory and fulfill the standards for clear and informative audio-visual learning information content for students. |
090 No. Panggil Setempat | MK-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Komunikasi |
100 Entri Utama Nama Orang | Zilqo Ado Julio Habe, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | 21 pages : illustration |
904a Pengisi Lembar Kerja | Adhari-April 2022(2) |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Makalah |
041 Kode Bahasa | ind |