001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangM. Mossadeq Bahri, supervisor; Lea Santiar, reviewer
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
049 No. Barkod11-22-78876948
504 Catatan Bibliografipages 35-38
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi;Deposit
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-22-78876948
653 Kata Kuncirepresentasi; Semiotika Roland Barthes; covid-19; poster; imut; kawaii; representation; Roland Barthes semiotics; cute
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaRepresentasi Kawaii dalam Poster Prosedur Kesehatan Covid-19 Jepang: Suatu Kajian Semiotik = Kawaii Representation in Japan's Covid-19 Health Procedure Posters: A Semiotic Study
264c Tahun Terbit2022
650 Subyek TopikRepresentation
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kawaii menurut Kinsella (1995) direpresentasikan dalam poster COVID-19 di Jepang dalam kurun waktu pandemi, yaitu dari tahun 2020 hingga 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang akan dianalisis merupakan tiga contoh poster kesehatan yang diambil dari tiga situs lembaga dan perusahaan yang berbeda. Ketiga poster akan dianalisis menggunakan teori semiotik oleh Roland Barthes (1967), dan hasil pemaknaannya menggunakan teori representasi menurut Stuart Hall (1997). Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa terdapat makna denotasi dan konotasi dari tanda yang muncul dalam poster tersebut. Representasi kawaii dalam poster digunakan untuk menarik perhatian pembaca, menghilangkan rasa takut dan menjadikan informasi yang terkandung dalam poster menjadi lebih mudah dimengerti. ......This study aims to explain how kawaii according to Kinsella (1995) is represented within Japanese COVID-19 posters during the pandemic, which is from 2020 to 2021. A qualitative approach would be used in this study. The data used are three examples of health posters taken from three different institutions and companies' websites. The three posters will be analyzed using Roland Barthes? theory of semiotics (1967), and the results further analyzed using Stuart Hall?s theory of representation (1997). The results of the study reveal that there are denotative and connotative meanings of the signs that appear in the poster. The representation of kawaii in such posters are used as an attention-grabber, to eliminate fear and to make the information contained within the poster easier to understand.
904b Pemeriksa Lembar Kerja
090 No. Panggil Setempat
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiSastra Jepang
100 Entri Utama Nama OrangRaiza Putri Inara, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik38 pages : illustration
904a Pengisi Lembar KerjaAdhityaN-Okt2022
Akses Naskah Ringkashttps://lib.ui.ac.id/unggah/
856 Akses dan Lokasi Elektronikhttps://lib.ui.ac.id/unggah/system/files/node/2021/2/raiza.putri/raiza_putri_inara-makalah_non-seminar-unknown-full_text-_0.pdf
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind