700 Entri Tambahan Nama OrangLaksmi, supervisor; Kiki Fauziah, examiner; Mariyah, examiner
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
504 Catatan Bibliografipages 27-28
852 LokasiPerpustakaan UI
049 No. Barkod11-23-00055625
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-23-00055625
653 Kata Kuncijaringan komunikasi organisasi; pandemi covid-19; Perpustakaan Riset BPK RI
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaJaringan Komunikasi Organisasi Perpustakaan Riset BPK RI dalam Pelayanan Perpustakaan di Masa Pandemi COVID-19 = The Organization Communication Network of Perpustakaan Riset BPK RI in Library Services during COVID-19 Pandemic
650 Subyek TopikCommunication--Network analysis
264c Tahun Terbit2022
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaAdhityaN-Februari2023
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini membahas tentang jaringan komunikasi Perpustakaan Riset BPK RI dalam memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia hampir dua tahun ini telah mengubah metode dan budaya kerja dengan adanya fenomena bekerja dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI ditinjau dari pola komunikasi dan peran individu serta faktor yang mempengaruhinya dalam rangka memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dari Februari hingga April 2022 melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Informan penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pola komunikasi yang terbentuk di Perpustakaan Riset BPK RI adalah Pola All Channel. Selain itu, peran yang muncul dalam jaringan komunikasi adalah Gate Keeper, Opinion Leaders, Bridges, dan Cosmopolites. Dapat disimpulkan bahwa peran individu dalam membangun jaringan komunikasi di Perpustakaan Riset BPK RI adalah saling mendukung dalam memberikan layanan yang lebih inovatif dengan memperhatikan kebutuhan pemustaka di masa pandemi COVID-19. Adapun saran dari penelitian ini adalah Perpustakaan Riset BPK RI dapat terus meningkatkan keterlibatan pegawai perpustakaan dalam pertimbangan pembuatan keputusan, sehingga Perpustakaan Riset BPK RI dapat memberikan layanan perpustakaan di masa pandemi COVID-19 dengan memperhatikan peran individu serta pola jaringan komunikasi. ......This study discusses the communication network at Perpustakaan Riset BPK RI in providing library services during the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has occurred in Indonesia for almost two years and has changed work methods and culture with the phenomenon of working from home. The purpose of this study was to identify the communication network in Perpustakaan Riset BPK RI in terms of communication patterns and individual roles as well as the factors that influence such communication in order to provide library services during the COVID-19 pandemic. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out from February to April 2022 through interviews, observations, and document analysis. Research informants were selected based on purposive sampling method. From this research, it can be seen that the communication pattern formed in Perpustakaan Riset BPK RI is the All-Channel Pattern. In addition, the emerging roles in the communication network are Gate Keepers, Opinion Leaders, Bridges, and Cosmopolites. It can be concluded that the role of individuals in building communication network at the Perpustakaan Riset BPK RI is to support each other in providing more innovative services by paying attention to the needs of users during the COVID-19 pandemic. The suggestion from this research is that Perpustakaan Riset BPK RI can continue to improve and maintain the involvement of library employees in decision-making considerations, so that the library can provide library services during the COVID-19 pandemic by taking into account the individual roles as well as the communication network patterns.
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Perpustakaan
100 Entri Utama Nama OrangYanwal Sekar Rarasati, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik28 pages : illustration
904a Pengisi Lembar KerjaAdhityaN-Februari2023
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah non seminar
041 Kode Bahasaind