001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | M. Yoesoef, promotor; Sunu Wasono, co-promotor; Turita Indah Setyani, examiner; Redyanto Noor, examiner; Suma Riella Rusdiarti, co-promotor; Lily Tjahjandari, examiner; Bastian Zulyeno, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya |
049 No. Barkod | 07-22-26209805 |
504 Catatan Bibliografi | pages 146-150 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | ;;;;;Deposit |
903 Stock Opname | Sugiarti |
Tahun Buka Akses | 2023 |
053 No. Induk | 07-22-26209805 |
653 Kata Kunci | Abdullah Harahap; cerita horor; kekerasan; seksualitas; supranatural; klenik |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Supranatural, Kekerasan, dan Seksualitas dalam Cerita Horor Abdullah Harahap = Supernatural, Violence, dan Sexuality in Abdullah Harahap's Horror Story |
264c Tahun Terbit | 2022 |
650 Subyek Topik | Horror tales; Fiction; Supernatural |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Disertasi ini membahas secara tekstual dan memaknai secara kontekstual cerita-cerita horor Abdullah Harahap. Abdullah Harahap merupakan penulis cerita horor pada tahun 1970?1990-an dengan hampir 100 karya pada kurun waktu dua decade tersebut. Data yang digunakan adalah tiga novel, yaitu Roh dari Masa Lampau (tanpa tahun), Titisan Iblis (1989), dan Misteri Lembah Hantu (1991). Pemilihan data dilakukan dengan melihat wujud makhluk supranatural dari keseluruhan cerita horor Abdullah Harahap. Analisis tekstual ketiga novel tersebut dengan menggunakan model alur cerita horor menghasilkan formula cerita horor Abdullah Harahap, yaitu kekerasan, seksualitas, dan supranatural. Ketiga hal tersebut membentuk cerita yang terus berulang. Di dalam formula tersebut ditemukan adanya legenda dan kepercayaan masyarakat yang direproduksi di dalam karya sastra. Pemaknaan secara kontekstual menghasilkan temuan bahwa pola pikir klenik masih digunakan sebagai pedoman hidup masyarakat. Secara keseluruhan, penelitian ini memperlihatkan kekhasan cerita horor Abdullah Harahap dan kritik sosial di dalam cerita horor Abdullah Harahap.
......This dissertation discusses textually and contextually interprets Abdullah Harahap's horror stories. Abdullah Harahap was a horror story writer in the 1970-1990s with nearly 100 works in the two decades. The data used are three novels, Roh dari Masa Lampau (tanpa tahun), Titisan Iblis (1989), dan Misteri Lembah Hantu (1991). The data is selected by looking at the form of supernatural beings from the whole horror story of Abdullah Harahap. Textual analysis of the three novels using the horror storyline model resulted in Abdullah Harahap's horror story formula, namely violence, sexuality, and the supernatural. The formula form a repeating story. In the formula, it is found that there are legends and people's beliefs that are reproduced in literary works. Contextual meaning results in findings that the occult mindset is still used as a guide for people's lives. Overall, this study shows the peculiarities of Abdullah Harahap's horror story and social criticism in Abdullah Harahap's horror story. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Nurbaini(April2023) |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Susastra (Sastra) |
100 Entri Utama Nama Orang | Fitria Sis Nariswari, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xii, 150 pages |
904a Pengisi Lembar Kerja | Sugiarti |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |