001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama Orang
711 Entri Tambahan Nama Pertemuan
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
049 No. Barkod09-22-07366704
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 3
110 Entri Utama Badan Korporasi
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
053 No. Induk09-22-07366704
653 Kata Kuncikebudayaan populer, pluralistik budaya dan fenomenologi
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaPluralistik kebudayaan populer dalam perspektif fenomenologi
264c Tahun Terbit2003
650 Subyek Topik
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar Kerjajihan-November2024
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini merupakan kajian lintas ilmu, studi kebudayaan populer dan ilmu filsafet. Setiap kebudayaan memiliki berbagai elemen budaya yang menunjang munculnya kebudayaan populer. Perspektif fenomenologi melihat bahwa secara intensionalitas kebudayaan populer memiliki keterhubungan dengan kesadaran manusia. Melalui kesadaran manusia, dapat ditemukan munculnya tanda yang bersifet ontologis, tanda imajinatif, dan tanda melalui bahasa. Bagi kebudayaan populer, fenomena budaya tensi oleh tanda-tanda yang mengaktualisasikan dengan berbagi bentuk, wama, gaya hidup dan sebagainya. Melalui kesadaran manusianya pelaku budaya memiliki kebebasan, kreativitas dan ideologi dalam proses penciptaan. Ideologi dalam kebudayaan populer muncul dalam "bentuk-bentuk ideologi" yang muncul dalam kata-kata atau teks. Para pembaca teks menjadi terpengaruh oleh gencarnya bentuk-bentuk ideologis (misal slogan, semboyan dalam iklan dan sebagainya) untuk "menuruti" keinginan atau pesan yang disampaikan melalui budaya pop. Sifat budaya populer cenderung untuk menyenangkan orang, hedonistis, banyak disukai orang meskipun tidak tertutup masuknya kelompok katalis dan bentuk-bentuk ideologis kedalamnya.
090 No. Panggil SetempatLP-Pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiKebudayaan (Kebudayaan Populer)
100 Entri Utama Nama OrangV. Irmayanti M. Budianto, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikv, 22 pages : illustration ; 28 cm + appendix
904a Pengisi Lembar Kerja
502 Catatan Jenis KaryaLaporan Penelitian
041 Kode Bahasaind