001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangYeni Budi Rachman, supervisor; Laksmi, examiner; Rahmi, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
049 No. Barkod11-24-55339282
504 Catatan Bibliografi
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi;Deposit
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-24-55339282
653 Kata Kunciperilaku pencarian informasi; perencanaan keuangan; generasi z; model nied?wiedzka
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaPerilaku Pencarian Informasi Generasi Z mengenai Perencanaan Keuangan = Information Seeking Behavior of Generation Z on Financial Planning
264c Tahun Terbit2023
650 Subyek TopikInformation Seeking Behavior.
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini membahas perilaku pencarian informasi Generasi Z mengenai perencanaan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh Generasi Z mengenai perencanaan keuangan dan hambatan yang dialami oleh Generasi Z dalam pencarian informasi perencanaan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar hingga tercapai jumlah 142 orang responden Generasi Z dari berbagai karakteristik sebagai sampel penelitian dalam rentang waktu 05 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023. Data penelitian ini dianalisis persentase Tingkat Capaian Responden (TCR) menggunakan rumus ?Master Scale?. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki kesadaran dan harapan yang cukup tinggi bahwa perencanaan keuangan sehingga menstimulus mereka untuk mencari kebutuhan informasi. Namun, kesulitan dalam memahami istilah perencanaan keuangan dan informasi yang beredar terlalu banyak sehingga sulit untuk diproses menjadi faktor penghambat. Di sisi lain faktor efikasi diri pada activating mechanism memiliki peran terhadap kemampuan Generasi Z sehingga mereka berhasil mengaplikasikan dan membuat perencanaan keuangan. Sedangkan, intervening variabel mendorong mereka untuk memutuskan mencari informasi perencanaan keuangan. Penggunaan media digital menjadi pilihan utama karena akses yang mudah. Selain itu, Generasi Z mampu menyeleksi dan memproses informasi berdasarkan pengetahuan akan keuangan, pendapat, dan keyakinan yang mereka miliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Generasi Z mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi hingga mengaplikasikan informasi perencanaan keuangan sesuai dengan yang dimodelkan oleh Nied?wiedzka. Intervening variabel dan activating mechanism memiliki peran dalam proses pencarian informasi perencanaan keuangan. ......This research discusses the information seeking behavior of Generation Z on financial planning. The purpose of this study is to determine the information seeking behavior of Generation Z regarding financial planning and the barriers experienced by Generation Z in the search for financial planning information. This research uses quantitative methods with data collection techniques through questionnaires distributed to reach a total of 142 Generation Z respondents from various characteristics as research samples within the time span of May 05, 2023 to May 15, 2023. This research data was analyzed by the percentage of Respondent Achievement Rate (TCR) using "Master Scale". The findings of this study indicate that Generation Z has a fairly high awareness and expectation that financial planning can provide welfare, thus stimulating them to identify information needs. However, difficulties in understanding financial planning terms and too much information circulating that is difficult to process are inhibiting factors. On the other hand, the self-efficacy factor in the activating mechanism has a role in Generation Z's ability so that they can successfully apply and make financial planning. Meanwhile, intervening variables encourage them to decide to look for financial planning information. The use of digital media is the main choice due to easy access. In addition, Generation Z is able to select and process information based on their financial knowledge, opinions and beliefs. The conclusion of this study is that Generation Z is able to identify information needs and apply financial planning information as modeled by Nied?wiedzka. Intervening variables and activating mechanisms have a role in the process of searching for financial planning information.
904b Pemeriksa Lembar Kerja
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Perpustakaan
100 Entri Utama Nama OrangHandy Gala Fernando, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik
904a Pengisi Lembar Kerjadafina rossa izzati-agustus2024
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind