700 Entri Tambahan Nama Orang | Isfandiarni, supervisor |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | Text(rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
504 Catatan Bibliografi | |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
049 No. Barkod | 11-24-83387058 |
338 Carrier Type | Online resource(rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | |
053 No. Induk | 11-24-83387058 |
653 Kata Kunci | Sampling ; Music ; Song ; production ; industry ; Musik ; Lagu ; produksi ; Industri. |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI eng rda |
245 Judul Utama | Penggunaan Sampel pada Produksi Musik dan Kontroversi yang Menyelimutinya = The Use Of Samples In Music Production And The Controversies That Surround It |
650 Subyek Topik | Production music. |
264c Tahun Terbit | 2023 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Perkembangan teknologi yang pesat melahirkan banyak ide dan kreatifitas ke dalam sebuah proses produksi musik. Lirik lagu tidak lagi dibutuhkan untuk menikmati sebuah lagu. Melainkan, harmonisasi sebuah melodilah yang menciptakan emosi yang membentuk sebuah karakter atau identitas dari sebuah lagu. Sampling adalah sebuah teknik yang sangat penting dalam sebuah produksi musik, yang merupakan sebuah proses menggabungkan beberapa suara dari sumber eksternal ke dalam sebuah lagu baru. Sumber eksternal yang dimaksud dalam hal ini beberapa diantaranya adalah: ketukan drum, petikan chorus, ataupun cuplikan-cuplikan suara yang diambil dari beberapa media seperti lagu dari seniman lain.
Akan tetapi, sampling juga memicu beberapa permasalahan ke dalam industri musik, khususnya dalam hal etis dan hukum. Beberapa orang menganggap bahwa sampling adalah sebuah bentuk pencurian, namun sebagian besar lainnya menganggap bahwa sampling adalah sebuah bentuk untuk menghormati akan karya seniman lain. Terlepas dari hal ini, sampling masih menjadi sebuah hal yang lumrah di kalangan pencipta lagu karena teknik ini membantu para seniman untuk menggabungkan genre musik yang berbeda ke dalam satu wadah untuk menciptakan suara yang unik dan berkarakter ke dalam karyanya. Masalah dalam hukum seolah-olah terlupakan, karena wadah seperti TikTok maupung WhoSampled mendorong dan memudahkan penggunanya untuk melakukan teknik sampling, sehingga membuka transparansi dan aksesibilitas. Akibatnya, sampling menjadi sebuah alat yang sangat penting dalam menciptakan sebuah inovasi, terlepas dari segala kontroversinya dalam hal memicu perdebatan dan hak cipta dalam industri musik.
......The progressive improvement in technology breathes new ideas and creativity in music production. Lyrics are no longer mandatory to enjoy a song. Instead it is the harmonisation where it creates significant emotions in shaping the song?s identity. Sampling is one of the fundamental techniques in music production, which involves incorporating audio sections from external sources into a new song. These external sources might include drum beats, choruses, or snippets from a variety of media, such as songs by another artist.
However, sampling also introduces new complications to the industry, such as ethical and legal issues. Some might argue that sampling is a form of theft, while others may see this as a form of paying homage to a more incredible artist. Regardless, sampling is still thriving as it helps songmakers merge various music genres, creating unique sounds and characters for the tracks. Legal challenges seem to be ignored, as platforms such as TikTok and WhoSampled are dramatizing their users on the sampling practices, which makes it more accessible and transparent. As a result, sampling becomes a tool for music innovation, despite its controversies in creating debates and legal disputes within the industry. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Selly Angriani-September2024 |
090 No. Panggil Setempat | MK-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | |
337 Media Type | Computer(rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | KKI Manajeman |
100 Entri Utama Nama Orang | Yoga Putra Prawira, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | 15 |
904a Pengisi Lembar Kerja | Selly Angriani-September2024 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Makalah Non-Seminar |
041 Kode Bahasa | eng |