001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Erwin Agustian Panigoro, supervisor |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
049 No. Barkod | 11-24-09142045 |
504 Catatan Bibliografi | pages 29-31 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | ;;Deposit |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | |
053 No. Induk | 11-24-09142045 |
653 Kata Kunci | ai-generated content; persepsi konsumen; citra merek |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Analisis Persepsi Konsumen terhadap Brand Image melalui Strategi Pemasaran AI-Generated Content: Studi Kasus Kampanye Cerita Rasa Otentik oleh Indomie = Consumer Perceptions Analysis of Brand Image through AI-Generated Content Marketing Strategy: Case Study of Cerita Rasa Otentik by Indomie |
264c Tahun Terbit | 2023 |
650 Subyek Topik | Consumer behavior ; Artificial intelligence ; Food industry and trade |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Perkembangan teknologi telah menghasilkan tren AI-Generated Content sebagai strategi
pemasaran yang diikuti oleh Indomie dengan kampanye terbarunya berjudul Cerita Rasa
Otentik untuk menciptakan pengalaman visual yang unik sebagai strategi yang bertujuan
untuk membangun relevansi dengan konsumen. Penelitian menganalisis persepsi konsumen
terhadap citra merek yang menggunakan strategi ini menggunakan metode deskriptif.
Namun, penggunaan teknologi AI justru menimbulkan persepsi negatif terhadap merek
karena konsumen memandang penggunaan AI sebagai jalan pintas yang tidak mendukung
seniman lokal sehingga terbentuk citra merek Indomie sebagai merek yang pelit dan tidak
menghargai pekerja kreatif. Hal ini juga dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap
citra keseluruhan merek seperti hilangnya kepercayaan konsumen terhadap merek Indomie
dan meningkatkan kekhawatiran mengenai tanggung jawab sosial perusahaan. Maka dari itu,
perusahaan perlu mengintegrasikan AI dengan seniman asli dan merespons dampak negatif
dengan cepat.
......
The development of technology has resulted in the trend of AI-Generated Content as a
marketing strategy, adopted by Indomie in its latest campaign titled "Authentic Flavor
Stories" to create a unique visual experience as a strategy aimed at building relevance with
consumers. A study analyzes consumer perceptions of the brand image employing this
strategy using a descriptive method. However, the use of AI technology has generated
negative perceptions of the brand, as consumers view AI usage as a shortcut that does not
support local artists, thereby forming an image of the Indomie brand as being stingy and not
valuing creative workers. This can also have long-term impacts on the overall brand image,
such as eroding consumer trust in the Indomie brand and increasing concerns about the
company's social responsibility. Therefore, the company needs to integrate AI with local
artists and promptly respond to the negative impacts. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Nurintan-Februari2025 |
090 No. Panggil Setempat | MK-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Komunikasi |
100 Entri Utama Nama Orang | Vanisya Quanti Azzahra, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | v, 31 pages : illustration |
904a Pengisi Lembar Kerja | BilqisPutriYanda-Oktober2024 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Makalah Non-Seminar |
041 Kode Bahasa | ind |