001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangZahroh Nuriah, supervisor; Triaswarin Sutanarihesti, examiner; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
049 No. Barkod11-24-62023625
504 Catatan Bibliografi
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi;Deposit
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-24-62023625
653 Kata Kuncipengajaran bahasa asing ; kosakata ; bahasa belanda ; daring ; luring
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaPengajaran Kosakata Bahasa Belanda: Perbandingan Daring dan Luring = Teaching Dutch Vocabulary: An Online and Offline Comparison
264c Tahun Terbit2024
650 Subyek TopikVocabulary; Online learning & distance education
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariInteraksi antara pembelajar dan pengajar merupakan hal yang penting dalam pengajaran bahasa asing, termasuk pembelajaran kosakata. Pada saat pandemi Covid-19, cara berinteraksi ini harus berubah menjadi daring. Hingga kini pengajaran Bahasa asing dengan metode ajar daring menjadi semakin berterima. Oleh karena itu penelitian yang  membandingkan metode ajar daring dan luring pada pengajaran kosakata bahasa Belanda penting untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dari eksperimen yang dilakukan pada dua kelas mahasiswa tingkat I Program Studi Belanda Universitas Indonesia. Kedua kelas tersebut masing-masing menerima pembelajaran kosakata dengan metode ajar daring melalui video konferensi dan luring di kelas seperti biasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring melalui video konferensi dan luring tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya seperti waktu pembelajaran, motivasi belajar mahasiswa, dan lain-lain. ......Interaction between learners and teachers is important in foreign language teaching, including vocabulary learning. During the Covid-19 pandemic, this way of interaction had to change to online. Until now, teaching foreign languages using online teaching methods has become increasingly acceptable. Therefore, it is important to conduct a study comparing online and offline teaching methods in Dutch vocabulary teaching. This research is a quantitative study of an experiment conducted on two classes of first-year students of the Dutch Studies Program at the University of Indonesia. The two classes received vocabulary learning using online and offline teaching methods respectively. The hypothesis applied in this study is if H0 is accepted then class X is not better than class Y and if H1 is accepted then class X is better than class Y. The results of this study show that the effectiveness of the application of online through the usage of video conference and offline methods has no significant difference. Effectiveness is influenced many other factors such as learning time, student learning motivation, and others.
904b Pemeriksa Lembar Kerja
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiSastra Belanda
100 Entri Utama Nama OrangSofina Putri Srisantoso, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik37 pages : illustration
904a Pengisi Lembar Kerjajihan-September2024
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind