001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Tri Edhi Budhi Soesilo, promotor; Kosuke Mizuno, co-promotor; Tri Tjahjono, co-promotor; Chrysnanda Dwilaksana, examiner; Andyka Kusuma, examiner; Suyud Warno Utomo, examiner; Dwi Nowo Martono, examiner; Evi Frimawaty, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Sekolah Ilmu Lingkungan |
049 No. Barkod | 07-24-23505163 |
504 Catatan Bibliografi | pages 87-100 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | pages 87-100 |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | ;;; |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 07-24-23505163 |
653 Kata Kunci | overload over dimension; kendaraan odol; jalan tol; green logistics; model penanganan kendaraan odol |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Model Penanganan Kendaraan Over Dimension Over Loading untuk Menciptakan Green Logistics Di Jalan Tol (Studi Kasus Jalan Tol Jakarta-Cikampek) = Over Dimension Over Loading Vehicle Handling Model to Create Green Logistics on The Toll (Case Study The Jakarta-Cikampek Toll Road) |
264c Tahun Terbit | 2024 |
650 Subyek Topik | Cargo handling; Transportation; Logistics |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Sektor transportasi menyumbang seperempat (25%) dari total Greenhouse Gas dan juga menjadi penyebab utama polusi udara di perkotaan. Masalah dalam penelitian adalah banyak kendaraan over dimension over loading (ODOL) di jalan tol yang mengeluarkan gas buang melebihi batas ambang, serta menimbulkan kecelakaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis aspek pencemaran lingkungan kendaraan ODOL, menganalisis faktor sosial-ekonomi yang mempengaruhi kendaraan ODOL, dan membuat model penanganan transportasi ODOL agar tercapai green logistics. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner, observasi lapangan, focus group discussion, dan studi pustaka. Hasil penelitian didapatkan bahwa kendaraan ODOL berpengaruh pada peningkatan pencemaran udara, terutama pada area sepanjang daerah administratif jalan tol, sebanyak 36,5% pengemudi ODOL merasa tidak aman saat berkendara, selama tahun 2012-2023 jumlah kecelakaan tertinggi di jalan tol Jakarta-Cikampek disebabkan oleh faktor pengemudi kendaraan ODOL. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model penanganan kendaraan ODOL dalam bentuk intervensi sosialisasi kendaraan ODOL dan intensifikasi penindakan kendaraan ODOL selama 5 tahun dapat mengurangi kerugian ekonomi sebesar Rp.14.773.077.099, dan mengurangi jumlah kendaraan ODOL sebanyak 926 kendaraan.
......The transportation sector contributes a quarter (25%) of the total Greenhouse Gas and is also the main cause of urban air pollution. The problem in the research is that many over-dimensional overloading (ODOL) vehicles on toll roads emit exhaust gases that exceed the threshold limit, causing accidents. The research aims to analyze the environmental pollution aspects of ODOL vehicles, analyze the socio-economic factors that influence ODOL vehicles, and create a model for handling ODOL transportation to achieve green logistics. The method used in this research is a mixed method with a quantitative approach. Data collection techniques include distributing questionnaires, field observations, focus group discussions, and literature studies. The results of the study found that ODOL vehicles cause increasing air pollution, especially in areas along the toll road administrative areas; as many as 36.5% of ODOL drivers felt unsafe while driving during 2012-2023 ODOL vehicle driver factors caused the highest number of accidents on the Jakarta-Cikampek toll road. This research concludes that the ODOL vehicle handling model in the form of ODOL vehicle socialization interventions and intensification of action against ODOL vehicles for 5 years can reduce economic losses by IDR 14.773.077.099 and reduce the number of ODOL vehicles by 926. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | 07-24-23505163 |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | 07-24-23505163 |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Lingkungan |
100 Entri Utama Nama Orang | Deni Setiawan, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
300 Deskripsi Fisik | xxii, 100 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | tanti-September2024 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |