700 Entri Tambahan Nama OrangLinda Sunarti, supervisor
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
852 LokasiPerpustakaan UI
504 Catatan Bibliografi
049 No. Barkod11-24-77741373
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-24-77741373
653 Kata Kunciiklan ; pasta gigi ; pepsodent ; promosi ; jakarta
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaDinamika Pasta Gigi Pepsodent di Jakarta (1969-1991) = The Dynamics Of Pepsodent Toothpaste in Jakarta (1969-1991)
650 Subyek TopikMarketing Strategy & Planning, Inc; History Productions, Inc.
264c Tahun Terbit2024
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar Kerja
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini membahas mengenai dinamika perkembangan pasta gigi Pepsodent di Jakarta dari tahun 1969 hingga 1991. Pepsodent merupakan produk pasta gigi dari Unilever dan telah menjadi salah satu merek terkemuka di pasar pasta gigi Indonesia. Selama periode 1969-1991, Pepsodent menggunakan berbagai media untuk memasarkan produknya di Jakarta. Setiap media seperti surat kabar, majalah, dan televisi digunakan dengan strategi yang sesuai untuk mencapai audiens yang berbeda. Strategi pemasaran yang digunakan termasuk narasi iklan inovatif, promosi berhadiah, referensi budaya populer, penekanan pada manfaat kesehatan gigi dan gusi, dan edukasi kesehatan serta perubahan kebiasaan. Penelitian ini disusun dengan pendekatan sejarah, menggunakan berbagai sumber sejarah seperti koran, majalah, dan buku. Selain itu, penulis juga melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pemasaran Pepsodent membawa dampak signifikan dalam mengubah kebiasaan masyarakat terhadap perawatan gigi, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan gigi, dan memperkuat citra mereknya. Dengan demikian Pepsodent tidak hanya berhasil meningkatkan penjualannya selama periode tersebut tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Masyarakat secara keseluruhan dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan gigi. ......This research discusses of the dynamics of the development of Pepsodent toothpaste in Jakarta from 1969 to 1991. Pepsodent is a toothpaste product from Unilever and has become one of the leading brands in the Indonesian toothpaste market. From 1969-1991, Pepsodent used various media to market its products in Jakarta. Each medium such as newspapers, magazines, and television were used with appropriate strategies to reach different audiences. The marketing strategies used included innovative advertising narratives, prize promotions, popular culture references, emphasis on the health benefits of teeth and gums, and health education and habit change. This research is organized using a historical approach, using various historical sources such as newspapers, magazines, and books. In addition, the author also distributed questionnaires. The results of this study show that Pepsodent's marketing efforts had a significant impact in changing people's habits towards dental care, raising awareness of the importance of dental hygiene, and strengthening its brand image. Thus, Pepsodent not only managed to increase its sales during the period but also improved the overall quality of life of the Community by raising awareness of the importance of dental care.
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Sejarah
100 Entri Utama Nama OrangLubis, Raihanah Nurul Annisa, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik66 pages : illustration
904a Pengisi Lembar Kerjajihan-September2024
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind