700 Entri Tambahan Nama OrangPatresia Putri Kirnandita, supervisor
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
504 Catatan Bibliografi
852 LokasiPerpustakaan UI
049 No. Barkod11-24-39479173
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-24-39479173
653 Kata Kunciaudience reception; booktok; emotional appeal; marketing
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaAnalisis Tanggapan Audiens pada Emotional Appeal yang Terkandung dalam Video Pemasaran Buku Shawn Warner di TikTok = Analysis of Audience Reception to the Emotional Appeal in Shawn Warner's Book Marketing Video on TikTok
650 Subyek TopikTikTok (Electronic resource)
264c Tahun Terbit2024
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariTikTok memiliki komunitas BookTok yang telah berkontribusi dalam peningkatan penjualan buku, yang tidak dapat dicapai oleh komunitas membaca online lainnya. Kekuatan BookTok dimanfaatkan sebagai ladang pemasaran buku, salah satunya dengan cara menyebarkan konten yang mengandung emotional appeal. Namun, masih terdapat kurangnya penelitian yang secara khusus mengkaji tanggapan audiens terhadap penggunaan emotional appeal dalam konteks pemasaran buku di platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana audiens menanggapi emotional appeal yang terkandung dalam video pemasaran buku Shawn Warner di TikTok. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui data sekunder (komentar audiens) serta analisis tematik. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa video Shawn Warner yang viral tersebut mengandung emotional appeal (sad appeal), yang memperlihatkan penulis dalam situasi yang menyedihkan. Penelitian ini menemukan bahwa audiens menanggapi hal tersebut dengan tiga cara, yaitu memberikan dukungan untuk menaikkan penjualan buku penulis, menunjukkan empati dan apresiasi, serta menunjukkan ketertarikan terhadap kualitas buku. Temuan ini menekankan pentingnya penggunaan emotional appeal dalam strategi komunikasi pemasaran buku yang melibatkan penulis, terutama untuk membangun koneksi dengan audiens serta menggugah empati mereka, sehingga mereka terdorong untuk membantu penulis tersebut. ......TikTok has a BookTok community that has significantly contributed to increased book sales, a feat unmatched by any other online reading community. The power of BookTok has been leveraged as a platform for book marketing, particularly by promoting content with emotional appeal. However, there is a lack of research specifically examining audience reception of emotional appeals in book marketing on this platform. This study aims to explore audience reception of emotional appeals in Shawn Warner's book marketing videos on TikTok. This qualitative research uses secondary data (audience comments) and thematic analysis for data collection and interpretation. The viral Shawn Warner video contains a sad emotional appeal, depicting the author in a sorrowful situation. The study found that the audience responded in three main ways: offering support to boost the author's book sales, showing empathy and appreciation, and expressing interest in the book's quality. The findings emphasize the importance of emotional appeals in book marketing communication strategies involving authors. Such appeals can build connections with the audience and evoke empathy, encouraging them to support the author.
904b Pemeriksa Lembar Kerja
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typeunmediated (rdacontent)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Komunikasi
100 Entri Utama Nama OrangHana Fairuza Adnan, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik
904a Pengisi Lembar KerjaNaufal Rafi Gunawan-Desember2024
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind