001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Ratna Djumala, supervisor; Dewaki Kramadibrata, examiner; Multamia Lauder, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya |
049 No. Barkod | 146-25-10533548 |
504 Catatan Bibliografi | pages 29-30 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit;Deposit;Deposit;Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | |
053 No. Induk | 146-25-10533548 |
653 Kata Kunci | warna lokal ; representasi budaya ; Rambu Solo? ; Toraja |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
245 Judul Utama | Warna lokal dan representasi budaya dalam cerpen ?Rambu Solo?? karya Sulfiza Ariska = Local color and cultural representation in the short story ?Rambu Solo?? by Sulfiza Ariska |
264c Tahun Terbit | 2021 |
650 Subyek Topik | Toraja (Indonesian people)--Rites and ceremonies.; Literature.; Beliefs and cultures |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Sastra sebagai cerminan kondisi masyarakat tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan. Saat ini ada banyak karya sastra yang mengangkat kebudayaan dalam sastra dengan tema kedaerahan. Salah satunya adalah cerpen ?Rambu Solo?? karya Sulfiza Ariska. Cerpen tersebut mampu memberikan gambaran yang baik mengenai upacara Rambu Solo? sebagai kebudayaan masyarakat Toraja yang masih dilakukan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan warna lokal dan representasi sistem kepercayaan aluk todolo masyarakat Toraja dalam cerpen ?Rambu Solo?? karya Sulfiza Ariska. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen ?Rambu Solo?? karya Sulfiza Ariska memuat beberapa hal terkait warna lokal. Pertama, adanya penggunaan nama diri yang mengacu pada hari dan tempat kelahiran, serta bentuk panggilan yang digunakan masyarakat Toraja. Kedua, cerpen ?Rambu Solo?? bertema proses perjuangan keluarga Raiya untuk menyelenggarakan upacara Rambu Solo? bagi Ambe. Ketiga, latar tempat dalam cerpen adalah Tongkonan, sumbung, dan dapur. Selain itu, warna lokal juga ditunjukkan dengan adanya motivasi masyarakat Toraja saat mempersembahkan hewan ternak dalam Rambu Solo?, mata pencarian, prosesi pemakaman dalam Rambu Solo?, dan makna ukiran bagi masyarakat Toraja. Representasi sistem kepercayaan aluk todolo dalam cerpen ?Rambu Solo?? dihadirkan melalui adanya objek penyembahan, pokok ajaran aluk, dan hukum dalam aluk todolo.
......Literature as a reflection of the condition of society cannot be separated from culture. Currently there are many literary works that raise culture in literature with regional themes. One of them is the short story ?Rambu Solo?? by Sulfiza Ariska. The short story is able to provide a good picture of the ceremony Rambu Solo? as a Toraja culture which is still practiced today. This study aims to explain the local color and representation of the belief system of aluk todolo people of Toraja in the short story ?Rambu Solo?? by Sulfiza Ariska. This study uses a qualitative descriptive method with a sociology of literature approach. The results showed that the short story ?Rambu Solo?? by Sulfiza Ariska contained three things related to local colors. First, there is the use of self-names that refer to the day and place of birth, as well as the form of calling used by the Toraja people. The short story ?Rambu Solo?? is themed on the process of the Raiya family's struggle to hold a ceremony Rambu Solo? for Ambe. Second, the setting in the short story is Tongkonan, sumbung, and the kitchen. Third, the local color is also shown by the motivation of the Toraja people when offering livestock in the ceremony Rambu Solo?, livelihood, funeral processions in the ceremony Rambu Solo?, and the meaning of carving for the Toraja people. Representation belief system aluk todolo in the short story ?Rambu Solo?? presented through their object of worship, the basic teachings of aluk and the law in aluk todolo. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
090 No. Panggil Setempat | MK-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat Diakses |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Sastra Indonesia |
100 Entri Utama Nama Orang | Dian R.T.L. Syam, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | viii, 32 pages |
904a Pengisi Lembar Kerja | Alfan Fitrama-Maret2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Makalah Non-Seminar |
041 Kode Bahasa | ind |