700 Entri Tambahan Nama Orang | Rostineu, supervisor; Fadhila Hasby, examiner; Zaini, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya |
504 Catatan Bibliografi | |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
049 No. Barkod | 11-25-55632315 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | |
053 No. Induk | 11-25-55632315 |
653 Kata Kunci | Seongnyeon-Eui nal; remaja Korea; web drama Korea |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Makna Seongnyeon-Eui Nal pada Remaja Korea Berdasarkan Web Drama 'Twenty-Twenty' = The Meaning of Seongnyeon-Eui Nal For Korean Teenager Based on 'Twenty-Twenty' Web Drama |
650 Subyek Topik | Self-development |
264c Tahun Terbit | 2021 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Penelitian ini membahas tentang sikap pemaknaan Seongnyeon-eui nal pada remaja Korea berdasarkan web drama ?Twenty-Twenty?. Seongnyeon-eui nal adalah hari untuk merayakan peralihan menuju dewasa bagi remaja Korea. Pada web drama ?Twenty-Twenty?, terdapat representasi dari sikap remaja Korea dalam pemaknaan Seongnyeon-eui nal. Web drama ini mengisahkan tentang remaja Korea yang beranjak dewasa dalam menghadapi masa transisi dalam kehidupannya. Mereka memanfaatkan kebebasan yang didapatkan untuk mengenali lingkungan sosial sebagai persiapan menuju dewasa utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan sikap remaja Korea sebagai pemaknaan Seongnyeon-eui nal masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis naratif dengan mengacu pada adegan dan dialog dalam web drama ?Twenty-Twenty? sebagai korpus. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa tokoh Chae Da-hee dan tokoh Lee Hyun-jin melakukan eksplorasi diri dengan kebebasan yang diraihnya ketika memasuki usia 19 tahun. Eksplorasi diri yang dilakukan membantu mereka untuk menemukan hal-hal yang dibutuhkan untuk kedewasaan, seperti jati diri dan pekerjaan.
......This research discusses the meaning of Seongnyeon-eu nal in Korean teenagers based on the web drama 'Twenty-Twenty'. Seongnyeon-eui nal is a term used to describe a day to celebrate the transition from late teenager to young adult for Korean teenagers. The representation of Korean teenagers? attitude towards Seongnyeon-eui nal can be found in the ?Twenty-Twenty? web drama. This web drama talks about Korean grown-up teenagers facing a transition period in their life. The main characters try to utilize their freedom to recognize their society as they prepare themselves to enter adulthood. The purpose of this study is to describe Korean teenagers? attitudes as the meaning of Seongnyeon-eui nal. The method used in this research is a narrative analysis based on the scenes and dialogues in the ?Twenty-Twenty? web drama as the corpus. Based on the research, it can be concluded that both characters Chae Da-hee and Lee Hyun-jin doing identity explorations through the freedom they had when they are turning 19 years old. Self-exploration helps them to find things needed for maturities, such as identity and work. |
090 No. Panggil Setempat | MK-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | |
337 Media Type | unmediated (rdacontent) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Bahasa dan Kebudayaan Korea |
100 Entri Utama Nama Orang | Tsamara Rahmania, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | |
904a Pengisi Lembar Kerja | Arsillia Anneva Niryani-Januari2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Makalah Non-Seminar |
041 Kode Bahasa | ind |