700 Entri Tambahan Nama OrangHenny Supriyati Widyaningsih, supervisor
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
504 Catatan Bibliografi
852 LokasiPerpustakaan UI
049 No. Barkod11-25-61916983
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses
053 No. Induk11-25-61916983
653 Kata Kunciperilaku konsumen; consumer behaviour; citra destinasi; destination image; instagram; pemasaran visual; visual marketing; @indtravel
111 Entri Utama Nama Pertemuan
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaAnalisis Strategi Visual Marketing dalam Akun Instagram @indtravel Milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Periode Januari - Juni 2021 = Analysis of Visual Marketing Strategy in @indtravel Instagram Account Owned by The Ministry of Tourism and Creative Economy Republic of Indonesia from January - June 2021
650 Subyek TopikMarketing; Social media; Consumer behavior
264c Tahun Terbit2021
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar Kerja
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariVisual marketing merupakan salah satu strategi yang efektif dalam beriklan. Kemenparekraf melalui akun Instagram @indtravel merupakan salah satu pengguna strategi visual marketing. @indtravel dalam kampanyenya yaitu ?Wonderful Indonesia? harus memperlihatkan keunggulan pariwisata Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain. Indonesia yang sudah cukup unggul dan memenangkan banyak penghargaan dari bidang pariwisata tetap harus mempertahankan posisi tersebut bahkan harus terus berkembang. Hal tersebut menjadi penting karena dunia pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan Indonesia terbesar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana @indtravel menerapkan visual marketing dan termasuk mempelajari bagaimana pembentukan destination image di dalamnya sehingga consumer behaviour khalayak terpengaruhi. Melalui metode content analysis, didapatkan bahwa @indtravel sangat maksimal dan konsisten dalam menjalankan strategi visual marketing. Jadi, dengan visual yang menarik dan termasuk didalamnya terbentuknya destination image yang berupa natural, cultural, sensory, modern, dan adventurous wonders, tahapan pra-kunjungan khalayak dalam teori consumer behaviour terpengaruhi sehingga dengan melihat-lihat Instagram @indtravel saja timbul rasa untuk berlibur ke Indonesia bagi khalayak asing. ......Visual marketing is one of the most effective strategy in marketing. Kemenparekraf through their Instagram account, @indtravel, is one of the visual marketing practitioner. With their campaign ?Wonderful Indonesia?, @indtravel have to present the excellence of Indonesia?s tourism site in order to compete with other countries. With all the awards and advantages that Indonesia?s tourism have, Indonesia still have to maintain the position and have to achieve more. That becomes important because tourism is one of the biggest income source that Indonesia have. The aim of this research is to study how @indtravel implement their visual marketing strategy, including how they construct the destination image that could affect audience?s consumer behaviour. With content analysis method, the result shows that visual marketing that @indtravel execute is very good and consistent. With the attractive visual content including the destination image that they build (natural, cultural, sensory, modern, and adventurous wonders), the pre-visitation stage in their consumer behaviour is affected. So, the foreign audiences would travel to Indonesia someday just by looking at @indtravel Instagram site.
090 No. Panggil SetempatMK-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan Umum
337 Media Typeunmediated (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Komunikasi
100 Entri Utama Nama OrangHelena Yustika Indrawati Prastito, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik
904a Pengisi Lembar KerjaSafna Novia Mahiswari-Januari2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaMakalah Non-Seminar
041 Kode Bahasaind