700 Entri Tambahan Nama Orang | Sigit Pranowo Hadiwardoyo, promotor; R. Jachrizal Sumabrata, co-promotor; Widjojo Adi Prakoso, examiner; Tri Tjahjono, examiner; Nahry, examiner; Mohammed Ali Berawi, examiner; Endang Widjajanti, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
504 Catatan Bibliografi | pages 103-109 |
049 No. Barkod | 07-25-36721768 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2021 |
053 No. Induk | 07-25-36721768 |
653 Kata Kunci | deformasi permanen; permanent deformation; fatigue; aspal modifikasi; modified asphalt; performance grade; performance grade |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Karakteristik Deformasi Permanen dan Fatigue Aspal Modifikasi Campuran Panas Berdasarkan Kajian Temperatur dan Reologi Mekanistik Aspal = Permanent Deformation and Fatigue Characteristic of Hot Mix Modified Asphalt Based on the Study of Temperature and Mechanistic Rheology of Asphalt |
650 Subyek Topik | Pavements, Asphalt--Fatigue; Asphalt--Thermal properties; Deformations (Mechanics) |
264c Tahun Terbit | 2021 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Faktor luar yang mempengaruhi struktur perkerasan jalan adalah volume dan beban lalulintas serta lingkungan (temperatur, cuaca). Kerusakan jalan yang utama berupa deformasi permanen dan fatigue. Peningkatan mutu aspal dilakukan memodifikasi aspal dengan additive. Untuk mendapatkan aspal modifikasi dengan nilai PG (performance grade) bervariasi dilakukan dengan penambahan additive (crumb rubber dan aspal buton) pada aspal dasar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi reologi mekanistik aspal, menyelidiki modulus resilien bahan perkerasan, menyelidiki karakterisik deformasi permanen dan fatigue berdasarkan kajian temperatur dan reologi mekanistik aspal dan pengembangan model fatigue Monismith. Perubahan Performance Prade (PG) aspal modifikasi dibentuk dari hasil uji dynamic shear reometer yang menunjukkan kinerja mekanistik aspal dan indikasi deformasi permanen dan fatigue. Modulus kompleks (G)* dengan perubahan temperatur telah memberikan gambaran sifat viskoelastis aspal dan berindikasi pada campuran aspal agregat. Kenaikan nilai modulus kompleks (G)* berpengaruh terhadap nilai Modulus Resilien (MR). Deformasi permanen pada perkerasan aspal terjadi pada temperatur tinggi. Campuran aspal modifikasi yang terbaik yaitu campuran aspal dengan PG 68-24, dengan alur yang terjadi paling kecil dengan laju deformasi 0,05 mm/menit dan stabilitas dinamis 840 lintasan/mm. Pengembangan model deformasi pada penelitian ini merupakan pengembangan dari model Vesys. Pengembangan model Monismith dengan pendekatan temperatur kritis performance grade dari reologi mekanistik aspal modifikasi telah dihasilkan dari penelitian ini.
......External factors that affect the structure of the road pavement are the volume and load of traffic and the environment (temperature, weather). The main road damage is permanent deformation and fatigue. Asphalt quality improvement has been carried out by modifying asphalt with additives. To get modified asphalt with varying PG (performance grade) values, it is done by adding crumb rubber and buton asphalt to the base asphalt. This study aims to identify the mechanistic rheology of asphalt, investigate the pavement resilient modulus, investigate the characteristics of permanent deformation and fatigue based on the study of temperature and mechanistic rheology of asphalt and the development of the Monismith fatigue model. Changes in Performance Grade (PG) of modified asphalt were formed from the results of dynamic shear rheometer test which showed the mechanistic performance of asphalt and indicated permanent deformation and fatigue. The complex modulus (G)* with temperature change has given an overview of the viscoelastic properties of asphalt. The increase in the value of complex modulus (G)* affects the value of the Resilience Modulus (MR). Permanent deformation of asphalt pavement occurs at high temperatures. The best modified asphalt mixture is asphalt mixture with PG 68-24, with the smallest grooves with a deformation rate of 0.05 mm/minute and dynamic stability of 840 tracks/mm. The development of the deformation model in this study is the development of the Vesys model. The development of the Monismith model with a performance grade critical temperature approach of modified asphalt mechanistic rheology has resulted from this research. |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Tidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris untuk dipersiapkan terbit pada Jurnal Internasional yaitu journal of engineering science and technology yang diprediksi akan dipublikasikan pada bulan Juni tahun 2022 |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Teknik Sipil |
100 Entri Utama Nama Orang | Raden Hendra Ariyapijati, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xviii, 109 pages : illustration |
904a Pengisi Lembar Kerja | tanti-maret2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |