001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangSiahaan, Frieda Maryam Mangunsong, promotor
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Psikologi Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Psikologi
049 No. Barkod07-25-60440464
504 Catatan Bibliografi
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit;Deposit;Deposit;Deposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2030
053 No. Induk07-25-60440464
653 Kata Kunciekspresi emosi marah siswa; emosi guru; pengalaman kekerasan; perilaku agresif
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaPerilaku Agresif Guru: Peran Ekspresi Emosi Marah Siswa, Emosi Guru Dan Pengalaman Kekerasan = Teachers Aggressive Behaviors: The Role Of Students Anger Expression, Teachers Emotions, And The Experiences Of Violence
264c Tahun Terbit2021
650 Subyek TopikAggressiveness; Teacher-student relationships?Psychological aspects."; Violence in education; Emotions in teaching; Anger in children
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian disertasi ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan faktor situasi (peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru), emosi marah/cemas guru, pengalaman kekerasan di masa lalu dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif guru dengan menggunakan teori AET (Affective Events Theory). Studi 1 akan meneliti perbedaan penerimaan perilaku agresif guru. Studi 2 akan menjelaskan hubungan tidak langsung antara peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif melalui emosi marah dan cemas guru. Hasil penelitian disertasi ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan penerimaan terhadap perilaku agresif fisik dan verbal guru, khususnya pada partisipan yang sering dengan yang jarang mengalami kekerasan di masa lalu. Artinya, terdapat indikasi pengalaman kekerasan di masa lalu dapat mempredisposisi perilaku agresif guru Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa ekspresi emosi marah siswa memiliki hubungan tidak langsung dengan perilaku agresif reaktif guru melalui emosi marah dan cemas guru. Secara praktis, hasil penelitian ini mengindikasikan adanya kebutuhan mengembangkan pelatihan guru tentang perilaku agresif guru. ......The aim of this study was to explain the relationships between situational factor (students? anger expression), teachers? anger and anxiety, previous experiences of violence with teachers? reactive and proactive aggressive behaviors, Affective Events Theory. Study 1 aimed to identify the differences of the acceptance of teachers? aggressive behaviors. Furthermore, in study 2, aimed to explain the indirect relationship of students? anger expressions to reactive and proactive aggressive behaviors through teachers? anger and anxiety. The results showed that there were significant differences on the acceptance of teachers' physically and verbally aggressive behavior, especially among participants who often experienced violence in the past, compared to participants who rarely experienced violence in the past. This study also found that students' anger expression has an indirect relationship with the teachers? reactive aggressive behaviors through teachers? anger and anxiety. In addition, this study indicated the need to develop teachers? training programme about teachers? aggressive behaviors.
904b Pemeriksa Lembar Kerja
090 No. Panggil SetempatD-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumTidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris untuk dipersiapkan terbit pada Jurnal Internasional yaitu Teacher Development yang diprediksi akan dipublikasikan pada bulan Desember tahun 2022
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiPsikologi
100 Entri Utama Nama OrangRA. Rangga Dewati Seri Beru Sakti Suryaningrat, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikxix, 125 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar Kerjatanti-maret2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaDisertasi
041 Kode Bahasaind