001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, promotor |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Psikologi |
049 No. Barkod | 07-25-60440464 |
504 Catatan Bibliografi | |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit;Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2030 |
053 No. Induk | 07-25-60440464 |
653 Kata Kunci | ekspresi emosi marah siswa; emosi guru; pengalaman kekerasan; perilaku agresif |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Perilaku Agresif Guru: Peran Ekspresi Emosi Marah Siswa, Emosi Guru Dan Pengalaman Kekerasan = Teachers Aggressive Behaviors: The Role Of Students Anger Expression, Teachers Emotions, And The Experiences Of Violence |
264c Tahun Terbit | 2021 |
650 Subyek Topik | Aggressiveness; Teacher-student relationships?Psychological aspects."; Violence in education; Emotions in teaching; Anger in children |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Penelitian disertasi ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan faktor situasi (peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru), emosi marah/cemas guru, pengalaman kekerasan di masa lalu dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif guru dengan menggunakan teori AET (Affective Events Theory). Studi 1 akan meneliti perbedaan penerimaan perilaku agresif guru. Studi 2 akan menjelaskan hubungan tidak langsung antara peristiwa siswa menunjukkan ekspresi emosi marah kepada guru dengan perilaku agresif reaktif dan proaktif melalui emosi marah dan cemas guru. Hasil penelitian disertasi ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan penerimaan terhadap perilaku agresif fisik dan verbal guru, khususnya pada partisipan yang sering dengan yang jarang mengalami kekerasan di masa lalu. Artinya, terdapat indikasi pengalaman kekerasan di masa lalu dapat mempredisposisi perilaku agresif guru Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa ekspresi emosi marah siswa memiliki hubungan tidak langsung dengan perilaku agresif reaktif guru melalui emosi marah dan cemas guru. Secara praktis, hasil penelitian ini mengindikasikan adanya kebutuhan mengembangkan pelatihan guru tentang perilaku agresif guru.
......The aim of this study was to explain the relationships between situational factor (students? anger expression), teachers? anger and anxiety, previous experiences of violence with teachers? reactive and proactive aggressive behaviors, Affective Events Theory. Study 1 aimed to identify the differences of the acceptance of teachers? aggressive behaviors. Furthermore, in study 2, aimed to explain the indirect relationship of students? anger expressions to reactive and proactive aggressive behaviors through teachers? anger and anxiety. The results showed that there were significant differences on the acceptance of teachers' physically and verbally aggressive behavior, especially among participants who often experienced violence in the past, compared to participants who rarely experienced violence in the past. This study also found that students' anger expression has an indirect relationship with the teachers? reactive aggressive behaviors through teachers? anger and anxiety. In addition, this study indicated the need to develop teachers? training programme about teachers? aggressive behaviors. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Tidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris untuk dipersiapkan terbit pada Jurnal Internasional yaitu Teacher Development yang diprediksi akan dipublikasikan pada bulan Desember tahun 2022 |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Psikologi |
100 Entri Utama Nama Orang | RA. Rangga Dewati Seri Beru Sakti Suryaningrat, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xix, 125 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | tanti-maret2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |