001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Ujung, Verarisa Anastasia, supervisor; Paramita Atmodiwirjo, examiner; Nina Dwi Handayani, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
049 No. Barkod | 14-25-00197721 |
504 Catatan Bibliografi | page 40 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2021 |
053 No. Induk | 14-25-00197721 |
653 Kata Kunci | kognitif; landing site; persepsi; rangsangan |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Landing Site dalam Melihat Peran Ruang Terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Tahap Pra-operasional = Landing Site in Seeing The Role of Space on Cognitive Development in Pre-operational Children |
264c Tahun Terbit | 2021 |
650 Subyek Topik | Building; Children; Cognitive development |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Masa kanak-kanak merupakan masa dimana individu mulai mengenal lingkungannya dan membangun kemampuan berpikir mereka. Pembangunan informasi dan pemahaman mengenai lingkungannya ini sinergis dengan perkembangan kognitif anak. Karena itu, menjadi menarik untuk mengetahui bagaimana hubungan ruang dengan perkembangan kognitif terbangun. Dalam pengembangan kemampuan kognitif di usia 2-7 tahun atau pada tahap pra-operasional, interaksi dengan ruang menjadi salah satu faktor yang esensial. Bagaimana ruang menghadirkan informasi dan bagaimana anak merespon atau memproses informasi yang diterima menjadi penting. Ruang menghadirkan informasi dalam bentuk rangsangan yang kemudian diterima oleh panca indera. Sehingga, bagaimana proses informasi diterima dan diproses oleh anak, dapat diamati melalui pemetaan rangsangan ruang dan kegiatan anak. Skripsi ini mencoba mengamati proses tersebut menggunakan landing site untuk melihat keterhubungan ruang dengan persepsi yang terbangun dengan aspek pada perkembangan kognitif tahap pra-operasional sebagai faktor penghubungnya. Dari pengamatan tersebut, dapat terlihat bagaimana rangsangan yang dihadirkan dan macam-macam rangsangan yang ada pada ruang dapat mempengaruhi persepsi atau pemahaman anak mengenai ruang yang berbeda. Aspek-aspek pada perkembangan kognitif tertuang pada pembentukan persepsi anak mengenai ruang sebagai bentuk proses dilatihnya kemampuan kognitif anak pada interaksinya dengan ruang. Hubungan antara ruang dengan perkembangan kognitif dapat tergambarkan.
......Childhood is a time when individuals begin to recognize their environment and build their thinking skill. The building of information and understanding of the environment is synergistic with children's cognitive development. Therefore, it is interesting to know how the spatial relationship with cognitive development is shown. In the development of cognitive abilities at the age of 2-7 years or at the preoperational stage, interaction with space becomes one of the essential factors. How space presents information and how children respond or process the information received is important. Space presents information in the form of stimuli which are then received by the five senses. Thus, how the stimuli is received and processed by children, can be observed through the mapping of spatial stimuli and children's activities. This thesis tries to observe the process using a landing site to see the connection between space and perceptions that are built with aspects of cognitive development in the pre-operational stage as a connecting factor. From these observations, it can be seen how the stimuli are presented and the various stimuli in the space can affect the child's perception or understanding of different spaces. Aspects of cognitive development contribute to the formation of children's perceptions of space, showing the practice of children's cognitive abilities in their interactions with space. Thus, the relationship between space and cognitive development can be observed. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-April 2025 |
090 No. Panggil Setempat | S-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Arsitektur |
100 Entri Utama Nama Orang | Raniah Amirah Salsabila, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | x, 40 pages : illustration |
904a Pengisi Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-April 2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Skripsi |
041 Kode Bahasa | ind |