001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Leni Sagita Riantini, supervisor; Afrizal Nursin, supervisor; Ayomi Dita Rarasati, examiner; Wisnu Isvara, examiner; Rossy Armyn Machfudiyanto, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
049 No. Barkod | 15-25-48550106 |
504 Catatan Bibliografi | pages 239-250 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2021 |
053 No. Induk | 15-25-48550106 |
653 Kata Kunci | risk analysis; SOP; fire safety system failure |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Keselamatan Kebakaran Pada Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Berbasis Risiko = Development of Standard Operating Procedure (SOP) of Fire Safety System in Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) based on Risk |
264c Tahun Terbit | 2021 |
650 Subyek Topik | Safety system; Local transit -- Safety measures |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Dalam upaya mengatasi bencana kebakaran diharuskan memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan SOP yang terintegrasi, MRT Jakarta akan melakukan tindakan yang tepat dalam melakukan prosedur bencana kebakaran mulai dari munculnya hotspot hingga salah satu upaya dalam meminimalkan dampak yang timbul dari bencana jika terjadi kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gap antara Peraturan Daerah terkait keselamatan kebakaran dengan SOP keselamatan kebakaran MRT Jakarta yang sudah ada, mengetahui faktor risiko dominan pada SOP keselamatan kebakaran MRT Jakarta dan mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem keselamatan kebakaran MRT Jakarta berbasis risiko. Mengingat potensi bahaya kebakaran yang dapat terjadi di MRT Jakarta, pentingnya menerapkan paradigma mengutamakan keselamatan pengguna MRT, serta meminimalisir dampak kerugian yang terjadi akibat kebakaran yang terjadi di MRT, peneliti berupaya untuk memastikan bahwa MRT Jakarta mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) sistem keselamatan kebakaran MRT Jakarta berbasis risiko agar dapat meminimalisir korban jiwa dan dampak kerugian lainnya. Studi ini mengidentifikasi risiko yang timbul dalam bencana kebakaran yang dapat menghambat atau bahkan memperbesar dampak kebakaran di MRT Jakarta. Kemudian respons risiko diperoleh dengan melakukan pencegahan, penanggulangan dan pengendalian fasilitas, infrastruktur serta pelatihan dan simulasi terjadwal untuk menghindari kegagapan dalam menghadapi keadaan darurat. Hasil akhir dari penelitian adalah pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Keselamatan Kebakaran Pada Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Berbasis Risiko.
......In an effort to overcome fire disasters, it is required to have a Standard Operating Procedure (SOP). With an integrated SOP, MRT Jakarta will take appropriate action in carrying out fire disaster procedures starting from the emergence of hotspots to one of the efforts to minimize the impact arising from disasters in the event of a fire. This study aims to determine the gap between Regional Regulations related to fire safety and the existing MRT Jakarta fire safety SOPs, determine the dominant risk factors in the MRT Jakarta fire safety SOPs and develop a risk-based Standard Operating Procedure (SOP) for the MRT Jakarta fire safety system. Given the potential fire hazard that can occur at MRT Jakarta, the importance of applying the paradigm of prioritizing the safety of MRT users, as well as minimizing the impact of losses that occur due to fires that occur at the MRT, researchers are trying to ensure that MRT Jakarta develops Standard Operating Procedures (SOP) for the MRT Jakarta fire safety system is based on risk in order to minimize casualties and the impact of other losses. This study identifies the risks that arise in a fire disaster that can inhibit or even increase the impact of fires on the MRT Jakarta. Then the risk response is obtained by preventing, tackling and controlling facilities, infrastructure as well as training and scheduled simulations to avoid stuttering in the face of an emergency. The final result of the research is the development of a Risk-Based Standard Operating Procedure (SOP) for a Risk-Based Fire Safety System in Mass Rapid Transit (MRT). |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Juli 2025 |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Tidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris dan dipresentasikan sebagai makalah pada Seminar Internasional yaitu 3rd ICETIR 2021 |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Teknik Sipil |
100 Entri Utama Nama Orang | Gresilia Novie Retriana, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xvi, 250 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Juli 2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |