700 Entri Tambahan Nama OrangAyomi Dita Rarasati, supervisor; Henki Wibowo Ashadi, examiner; Rahayu Setiawati, examiner; Rosmariani Ariffudin, examiner
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Teknik
264b Nama PenerbitFakultas Teknik Universitas Indonesia
852 LokasiPerpustakaan UI
504 Catatan Bibliografipages 50-51
049 No. Barkod15-25-24758666
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2021
053 No. Induk15-25-24758666
653 Kata Kunciavailability payment; analisis data; KPBU AP; faktor risiko; mitigasi risiko; risk factors; risk mitigation
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaAnalisis Penerapan Skema Availability Payment Berbasis Risiko pada Jalan di Pulau Sumatera = Risk-Based Analysis on Availability Payment Fund in Road Infrastructure: Case Study Sumatera Island
650 Subyek TopikRoads -- Design and construction; Roads -- Design and construction -- Economic aspects
264c Tahun Terbit2021
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Juli 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariMeningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, khususnya untuk infrastruktur jalan, karena mempunyai peranan penting untuk mobilitas dan aksesibilitas masyarakat serta untuk meningkatkan daya saing perekonomian masyarakat. Pemerintah mengupayakan percepatan terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas berbagai infrastruktur penunjang pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi pada penerapan skema Availability Payment pada proyek infrastruktur jalan khususnya di pulau sumatera. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisa statistik deskriptif, R2 test, uji F, uji Autokorelasi, dan uji multikolinearitas. Hasil kuesioner yang diolah yaitu 75 sampel yang terdiri dari Satker-satker, PPK, Pengawas, dan Sub Direkorat pusat di lingkungan Ditjen Bina Marga. Dari hasil penelitian adalah faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan penerapan KPBU AP yaitu terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan, risiko estimasi biaya life cycle, dan bencana alam. Kemudian dilakukan mitigasi terhadap tiga faktor tersebut dengan melakukan pemilihan dan seleksi yang ketat terhadap kontraktor yang handal dan klausul kontrak yang standar, termasuk klausul penalty dan liquidity damages pada risiko terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan. Kemudian melakukan kesepakatan /kontrak dengan supplier lebih awal pada risiko estimasi biaya life cycle, dan aset yang berada pada suatu proyek infrastruktur dapat diasuransikan bila dimungkinkan pada risiko bencana alam. ......The increasing public need for infrastructure services is a basic need that must be met, especially for road infrastructure, because it has an important role for community mobility and accessibility as well as for increasing the competitiveness of the community's economy. The government seeks to accelerate the increase in the quantity and quality of various infrastructure supporting development. This study aims to analyze the obstacles faced in the implementation of the Availability Payment scheme on road infrastructure projects, especially on the island of Sumatra. The data analysis used in this study were validity test, reliability test, normality test, descriptive statistical analysis, R2 test, F test, autocorrelation test, and multicollinearity test. The results of the processed questionnaires were 75 samples consisting of the Satker ? Satker, PPK, Supervisors, and the Central Sub Directorate within the Directorate General of Highways. From the research results are the factors that have a significant effect on the success of the implementation of PPP AP, namely the late completion of road construction, the risk of estimated life cycle costs, and natural disasters. Then the mitigation of these three factors is carried out by conducting strict selection and selection of reliable contractors and standard contract clauses, including penalty clauses and liquidity damages at the risk of late completion of road construction. Then make an agreement/contract with the supplier early on the risk of estimated life cycle costs, and the assets in an infrastructure project can be insured if possible against the risk of natural disasters.
090 No. Panggil SetempatT-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiTeknik Sipil
100 Entri Utama Nama OrangTan Katili, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisik51 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Juli 2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaTesis
041 Kode Bahasaind