001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangPurnawan Junadi, supervisor; Adang Bachtiar, examiner; Tris Eryando, examiner; Setiaji, examiner; Dewa Ayu Martasari Badung, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat
049 No. Barkod15-25-61596892
504 Catatan Bibliografipages 116-120
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit;
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk15-25-61596892
653 Kata Kuncidigital application; patient complaint management; hospital; digital health transformation
040 Sumber PengataloganLibUI ida rda
245 Judul UtamaAnalisis Dampak Penggunaan Aplikasi Digital dalam Manajemen Komplain di Rumah Sakit Premier Bintaro = The Impact Analysis of Using Digital Application in Patient Complaint Management at Premier Bintaro Hospital
264c Tahun Terbit2024
650 Subyek TopikDigital Health; Health Services.
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini mengkaji dampak aplikasi digital terhadap manajemen pengaduan pasien di Rumah Sakit Premier Bintaro. Seiring dengan semakin banyaknya organisasi kesehatan di seluruh dunia yang mengadopsi solusi digital untuk meningkatkan pengalaman pasien dan efisiensi operasional, penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas sistem manajemen komplain untuk pasien dalam lingkup Rumah Sakit. Aplikasi baru yang dikembangkan dirancang untuk merampingkan proses manajemen pengaduan, memfasilitasi respons tepat waktu, dan menyediakan data yang dapat dianalisis untuk peningkatan kinerja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini menganalisis data kuantitatif dari aplikasi dan data kualitatif dari wawancara dengan para pemangku kepentingan dan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi digital telah memberikan dampak positif yang signifikan dengan memungkinkan penyelesaian masalah dengan cepat, meningkatkan transparansi, dan mendorong budaya yang lebih berpusat pada pasien. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan tantangan, seperti perlunya pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi staf serta upaya optimalisasi lainnya guna pengembangan sistem di masa depan. ......This study examines the impact of a digital application on patient complaint management at Premier Bintaro Hospital. As healthcare organizations worldwide increasingly adopt digital solutions to enhance patient experience and operational efficiency, this research aims to evaluate the effectiveness of a patient complaint management system within a hospital setting. The newly developed application is designed to streamline complaint management processes, facilitate timely responses, and provide analyzable data for performance improvement. Employing a mixed-methods approach, this study analyzed quantitative data from the application and qualitative data from interviews with key stakeholders and patients. The findings indicate that the digital application has had a significant positive impact, enabling rapid issue resolution, enhancing transparency, and fostering a more patient-centered culture. However, the study also revealed challenges such as the need for ongoing staff training and support, as well as the importance of further optimization efforts for future system development.
904b Pemeriksa Lembar KerjaAdhityaN-Juni2025
090 No. Panggil SetempatT-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiAdministrasi Rumah Sakit
100 Entri Utama Nama OrangEufrasia Victa Swastika Anggriasti, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikxv, 120 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAdhityaN-Juni2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaTesis
041 Kode Bahasaind