700 Entri Tambahan Nama Orang | R. Danardono Agus Sumarsono, supervisor; Tresna Priyana Soemardi, examiner; Mohammad Adhitya, examiner; Wahyu Nirbito, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
504 Catatan Bibliografi | pages 48 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
049 No. Barkod | 15-25-01308594 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 15-25-01308594 |
653 Kata Kunci | pelumas; bocor; kegagalan; bantalan (bearing) |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ida rda |
245 Judul Utama | Analisa Penyebab Kebocoran Pelumas pada Journal Bearing Kereta Moda Raya Terpadu = Causes of Grease Leakage Analysis in Mass Rapid Transit Train Journal Bearing |
650 Subyek Topik | Bearings (Machinery); Grease. |
264c Tahun Terbit | 2025 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Grease merupakan pelumas padat atau semi-cair yang penting dalam berbagai peralatan berputar, termasuk bearing pada kereta. Efektivitas grease dapat dipengaruhi oleh suhu, tekanan internal, dan kondisi lapangan yang dapat menyebabkan masalah seperti kebocoran dan kegagalan bearing. Adanya insiden kebocoran grease di luar jadwal perawatan pada tapered roller bearing kereta moda raya terpadu di Indonesia. Menurut panduan perawatan dari pabrikan bearing, penggantian bagian penting harus dilakukan setiap 4 tahun atau 480.000 km. Namun, pada jarak tempuh 270.000 km,bearing tersebut sudah mengalami kebocoran grease. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki penyebab kebocoran grease pada bearing kereta moda raya terpadu, terutama tapered roller bearing. Beberapa inspeksi dan uji dilakukan untuk mengevaluasi penyebab kebocoran grease. Pada saat dilakukan perawatan rutin ditemukan adanya bekas gesekan, suara retakan ketika bearing diputar, dan kontaminan seperti silikon, seng, dan aluminium di dalam sampel grease, hal ini meningkatkan kemungkinan kegagalan bearing akibat kebocoran grease. Pelumasan yang buruk, cap screw yang longgar, dan gerakan eksternal bisa menjadi penyebab insiden ini, sedangkan pemeriksaan besar torsi pada cap screw hanya dilakukan selama perawatan besar, yaitu setiap 1.000.000 km. Pada referensi lain, pemeriksaan seharusnya dilakukan setiap 4 bulan, dikarenakan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi umur bearing dan grease.
......Grease, a solid or semi-liquid lubricant, is essential in various equipment, including bearings in trains. The effectiveness of grease can be affect by temperature, internal pressure, and operating conditions, leading to issues like grease leakage and bearing failure. An incident of grease leakage was happened outside the maintenance schedule on tapered roller bearing of rapid transit train in Indonesia. According to inspection guide from the bearing manufacturer, heavy maintenance, including replacement of major important part should be performed every 4 years or 480,000 km. However, at a mileage of 270,000 km, the bearing has already experienced grease leakage, therefor this study investigates the causes of grease leakage on rapid transit train bearing, especially tapered roller bearing. A few inspections and tests were done to evaluate the cause of grease leakage. Routine maintenance discovered there are friction marks, cracked noise and contaminants like silicon, zinc, and aluminium inside the sample of the tapered roller bearing grease which increase the possibilities of bearing failure caused by grease leakage. Poor lubrication, loosen cap screw, and external movement could be the cause of this incident. Torque meter checks on the cap screw are currently performed only during major maintenance, which is 1,000,000 km, which according to other reference, the check should be done every 4 months. An important check such as torque meter check on cap screw and regular inspections are recommended to be done every 4 months to maintain bearing condition and prevent grease leakage. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | AdhityaN-Juni2025 |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Teknik Mesin |
100 Entri Utama Nama Orang | Nadya Ansharah Rammon, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xiv, 48 pages : illustration |
904a Pengisi Lembar Kerja | AdhityaN-Juni2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |