001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Fivi Nurwianti, supervisor; Adriana Soekandar Ginanjar, examiner; Kilis, Grace, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Psikologi |
049 No. Barkod | 15-25-46699552 |
504 Catatan Bibliografi | pages 86-97 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit; |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
053 No. Induk | 15-25-46699552 |
Tahun Buka Akses | 2024 |
653 Kata Kunci | empati; empathy; hubungan ibu-anak perempuan dewasa; mother-adult daughter relationship; intervensi komunikasi empatik; empathic communication intervention; keharmonisan keluarga; family harmony; komunikasi; communication |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ida rda |
245 Judul Utama | Intervensi Komunikasi Empatik untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Empati dalam Meningkatkan Keharmonisan Anak Perempuan Dewasa dengan Ibu = Empathic Communication Intervention to Enhance Communication and Empathic Skills in Promoting Adult Daughters' Harmony with Mothers |
264c Tahun Terbit | 2024 |
650 Subyek Topik | Psychological Well-Being; Harmony--Physiological aspects. |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Komunikasi dan empati merupakan variabel yang saling berkaitan. Empati berperan memediasi individu dalam meningkatkan kualitas relasi interpersonal. Terbentuknya hubungan yang positif dan selaras penting untuk pembentukan hubungan harmonis. Secara spesifik, keharmonisan keluarga dapat membantu perkembangan identitas dan kondisi psikologis anak. Namun demikian, perbedaan persepsi dan ketegangan diketahui banyak terjadi dalam relasi ibu dan anak perempuan dewasa dengan adanya keterlibatan muatan emosi yang lebih intens dan ambivalen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan kemampuan komunikasi dan empati sebagai upaya meningkatkan keharmonisan anak perempuan dewasa dengan ibu setelah pemberian intervensi komunikasi empatik. Desain penelitian menggunakan quasi experimental one group pretest-posttest design (n=5). Partisipan merupakan perempuan berusia dewasa (M = 24) dengan konflik bersama ibu dan kemampuan komunikasi dan empati yang rendah. Partisipan mendapatkan lima sesi intervensi. Pengukuran variabel menggunakan instrumen penelitian Family Communication Scale,Basic Empathy Scale, Family Harmony Scale-24, dan General Health Questionnaire-12. Diketahui, intervensi menunjukkan perubahan positif pada tiga partisipan terhadap kemampuan komunikasi, empati, dan keharmonisan keluarga. Data kualitatif menunjukkan perubahan kemampuan partisipan dalam memahami tindakan dan sudut pandang ibu, menciptakan ruang untuk membangun interaksi, serta melakukan regulasi emosi. Sehingga, implikasi intervensi komunikasi empatik menunjukkan perubahan kemampuan komunikasi dan empati yang mendukung peningkatan keharmonisan anak perempuan dewasa dengan ibu.
......Communication and empathy are two interrelated variables. People can improve quality of interpersonal interactions by using empathy as mediator. Building positive and harmonious relationships, especially within families, is important due to positive impact on psychological well-being and identity formation of the children. However, perception diverges and tension may raise between adulting daughter and mother due to their emotional and ambivalent relationship. This study aims to look at the impact of empathic communication intervention as enhancement in communication and empathy skills in order to improve harmony between adult daughters and their mothers. The research design used quasi experimental one group pretest-posttest design (n=5), including five intervention sessions. Participants were adult women (M = 24) with history of conflict with mothers, also poor communication and empathy skills. Measurements were taken using Family Harmony Scale-24, Basic Empathy Scale, Family Communication Scale, and General Health Questionnaire-12. Results showed positive improvement in three participants toward their communication, empathy skills, also family harmony. Qualitative data showed changes in participants? ability to comprehend mother?s actions and perspectives, make space for interactions, and regulate their emotions. Thus, the effects of empathic communication intervention indicate improvement of communication and empathy, follow by greater harmony among adult daughters with mothers. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Psikologi Profesi |
100 Entri Utama Nama Orang | Dwirana Iriska Nerviadi, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xvi, 97 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |