001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Yandi Andri Yatmo, promotor; Paramita Atmodiwirjo, co-promotor; Khairul Anwar bin Mohamed Khaidzir, examiner; Achmad Hery Fuad, examiner; Kristanti Dewi Paramita, examiner; Rini Suryantini, examiner; Ferro Yudistira, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
049 No. Barkod | 07-25-94419697 |
504 Catatan Bibliografi | pages 219-244 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit;Deposit;Deposit;Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
053 No. Induk | 07-25-94419697 |
Tahun Buka Akses | 2025 |
653 Kata Kunci | kolektivitas; drawing arsitektur; proses terbuka; praktik drawing |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Kolektivitas dalam Drawing Arsitektur sebagai Proses Terbuka = Collectivity in Architectural Drawing as an Open Process |
264c Tahun Terbit | 2025 |
650 Subyek Topik | Architectural drawing--Technique; Architecture--Designs and plans; Group work in art |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Disertasi ini merupakan paparan hasil penelusuran kolektivitas dalam drawing arsitektur sebagai proses terbuka. Drawing memiliki relasi yang mengikat dengan arsitektur, dan seringkali berposisi sebagai perantara antara gagasan menuju realita. Penelitian ini memosisikan drawing dalam arti sebagai produk dan juga sekaligus sebagai proses. Dengan menggunakan logika bahwa drawingdapat bersifat terbuka dan eksploratif, terbuka potensi kehadiran gagasan kolektivitas dalam drawing arsitektur. Penelusuran dalam penelitian ini bertujuan menyelidiki gagasan kolektivitas dalam drawing tersebut sebagai usaha pengembangan wacana representasi dan pengetahuan desain arsitektur.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan dua model hubungan riset dan desain yaitu research into design dan research through design. Rangkaian penelitian terdiri dari dua kegiatan, yaitu penelitian berbasis observasi dan penelitian berbasis praktik drawing. Penelitian berbasis observasi dilakukan untuk menelusuri drawing yang dilakukan secara kolektif, sedangkan penelitian berbasis praktik dilakukan dengan menggunakan drawing untuk mengungkap bentuk-bentuk kolektivitas tertentu melalui studi kasus sebagai konteks. Kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk menelusuri dua posisi kolektivitas, yaitu sebagai landasan drawing serta sebagai kondisi yang diungkap melalui drawing.
Temuan dari penelitian ini mengungkap karakteristik paradoks dan gagasan kesekaligusan pada kolektivitas dalam drawing. Penelusuran terhadap aspek kunci seperti negosiasi fragmen dan rangkaian keseluruhan, serta pengungkapan kondisi kolektivitas berbasis entitas, kualitas kondisi, dan waktu, menjadi aspek untuk pengembangan pengetahuan drawing arsitektur. Temuan ini memperluas wacana drawing sebagai proses terbuka, dengan memosisikan gagasan kolektivitas sebagai bagian dari representasi dan desain arsitektur.
......This dissertation explores collectivity in architectural drawing as an open process. Drawing binds with architecture and is often an intermediary between ideas and reality. This research positions drawing as both a product and a process. By using the logic that drawing can be open and explorative, it opens the potential for the presence of the idea of collectivity in architectural drawing. This research aims to investigate the idea of collectivity in drawing as an effort to develop the discourse of representation and knowledge of architectural design.
This research was conducted using a qualitative approach, and utilised two models of research and design relationships: research into design and research through design. The research series consisted of two activities: observation-based research and drawing practice-based research. Observation-based research is conducted to explore drawing that is done collectively. In contrast, practice-based research uses drawing to reveal certain forms of collectivity through case studies as a context. Both activities aim to explore two positions of collectivity, namely, as the foundation of drawing and as a condition revealed through drawing.
The findings of this research reveal the paradoxical characteristics and the notion of altogetherness of collectivity in drawing. The exploration of key aspects, such as the negotiation of fragments and whole series and the disclosure of entity-based collectivity conditions, quality conditions, and time, become aspects of the development of architectural drawing knowledge. The findings expand the discourse of drawing as an open process, positioning the notion of collectivity as part of architectural representation and design. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Tidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris untuk dipersiapkan terbit pada Jurnal Internasional yaitu Interiority yang diprediksi akan dipublikasikan pada bulan Januari tahun 2025 |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Arsitektur |
100 Entri Utama Nama Orang | Defry Agatha Ardianta, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | 244 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | tanti-April2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |