001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Linda Primana, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Rizka Halida, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Psikologi |
049 No. Barkod | 15-25-37264282 |
504 Catatan Bibliografi | pages 81-97 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit; |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 15-25-37264282 |
653 Kata Kunci | efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir; guru; kesejahteraan subjektif; optimisme karir |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ida rda |
245 Judul Utama | Peran Moderasi Optimisme Karir pada Hubungan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Guru = The Moderation Role of Career Optimism on the Relationship of Career Decisions Self-Efficacy to Subjective Well-Being in Teachers |
264c Tahun Terbit | 2024 |
650 Subyek Topik | Self-efficacy--Study and teaching. |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Rendahnya kesejahteraan subjektif guru yang ditandai oleh tingginya stres dan rendahnya kepuasan hidup akibat dari beban kerja yang tinggi berdampak buruk terhadap kinerja, pembelajaran siswa, hingga niat berhenti bekerja. Sementara itu, efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan optimisme karir ditemukan dapat mempengaruhi kesejahteraan subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran moderasi optimisme karir pada hubungan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir terhadap kesejahteraan subjektif pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari 190 guru. Pengukuran kesejahteraan subjektif dilakukan dengan menggunakan Satisfaction With Life Scale dan Scale of Positive And Negative Experiences. Efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir diukur dengan Career Decision Self Efficacy- Short Form dan optimisme karir diukur dengan Career Optimism Subscale dari Career Future Inventory. Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji moderasi tidak menemukan adanya efek interaksi atau peran moderasi dari optimisme karir terhadap hubungan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan kesejahteraan subjektif. Hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi saran penelitian selanjutnya, dan manfaat praktis bagi stakeholder, pendidik dan tenaga kependidikan, praktisi pendidikan, satuan dan lembaga pendidikan, dan instansi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan guru.
......Teachers' low subjective well-being, characterized by high stress and low life satisfaction as a result of high workload, has a negative impact on performance, student learning, and intention to quit. Meanwhile, self-efficacy in career decision making and career optimism are found to affect subjective well-being. This study aims to see if there is a moderating role of career optimism on the relationship of career decision self-efficacy to subjective well-being in teachers. This study uses a quantitative approach. Research data were obtained from 190 teachers. Subjective well-being measurements were made using the Satisfaction With Life Scale and the Scale of Positive and Negative Experiences. Career decision self-efficacy was measured by Career Decision Self Efficacy-Short Form and career optimism was measured by Career Optimism Subscale of Career Future Inventory. The results of the study analyzed by moderation test did not find any interaction effect or moderating role of career optimism on the relationship of career decision self-efficacy and subjective well- being. The results of this study provide benefits for further research suggestions, and practical benefits for stakeholders, educators and education personnel, educational practitioners, educational institutions, and related agencies to improve teacher well-being. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Psikologi Pendidikan |
100 Entri Utama Nama Orang | Dian Asri Citraningrum, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | 97 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |