001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Eva Septiana, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Rose Mini Agoes Salim, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Psikologi |
049 No. Barkod | 15-25-75945638 |
504 Catatan Bibliografi | pages 67-75 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit; |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 15-25-75945638 |
653 Kata Kunci | ibu anak prasekolah; 4R; masalah perilaku mengganggu; pemahaman |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ida rda |
245 Judul Utama | Intervensi Pelatihan 4R (Respond, Review, Reflect, Right) pada Ibu Anak Prasekolah dengan Masalah Perilaku Mengganggu = The 4R (Respond, Review, Reflect, Right) Training Intervention for Preschool Children Mothers with Disruptive Behavior Problems |
264c Tahun Terbit | 2025 |
650 Subyek Topik | Preschool children. |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Rendahnya pemahaman Ibu tentang cara tepat penanganan masalah perilaku mengganggu pada anak prasekolah menyebabkan Ibu memilih cara yang menurutnya cepat dan mudah untuk diaplikasikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari intervensi pelatihan 4R untuk meningkatkan pemahaman 4R Ibu dalam menangani anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu. 4R terdiri dari empat langkah: Respond, Review, Reflect, Right (Borba, 2008) dan merupakan salah satu cara penanganan masalah perilaku mengganggu anak. Lima orang Ibu yang memiliki anak prasekolah dari PAUD di Pondok Kelapa, Jakarta Timur mengikuti intervensi selama tiga hari yang dilanjutkan dengan praktik langkah 4R di rumah. Pelatihan ini menggunakan desain one group pre-test and post-test dengan Kuisoner Pemahaman 4R sebagai alat ukur. Analisis hasil penelitian dengan Paired Sample T-Test serta menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil menunjukkan bahwa intervensi pelatihan 4R secara signifikan efektif dalam meningkatkan pemahaman 4R Ibu anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya modul pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman 4R Ibu dalam menangani anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu.
......The mother's low understanding of the appropriate way to handle disruptive behavior problems in preschool children causes the mother to choose a method that?s quick and easy to apply. The purpose of the study was to know the effectiveness of 4R training interventions to improve Mother?s 4R understanding of handling preschoolers with disruptive behavior problems. 4R consists of four steps: Respond, Review, Reflect, Right (Borba, 2008). Five Mothers who have preschool children from PAUD in Pondok Kelapa, East Jakarta followed a three-day intervention that followed the practice of 4R steps at home. This training uses a one group pre-test and post-test design with a 4R Understanding Questionnaire as a measuring tool. The analysis of the results was conducted with the Paired Sample T-Test and the Wilcoxon Signed Rank Test. Results showed that interventions were significantly effective in improving the understanding of 4R preschool children Mothers with disruptive behavior problems. This study implies that the presence of learning modules can improve Mother's Understanding of the 4R in dealing with preschoolers with disruptive behavior problems. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
526 Catatan Informasi Program Studi | Psikologi Terapan |
100 Entri Utama Nama Orang | Cut Ira Dian Sari, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xiii, 75 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | AdhityaN-Juli2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |