001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangEva Septiana, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Rose Mini Agoes Salim, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Psikologi Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Psikologi
049 No. Barkod15-25-75945638
504 Catatan Bibliografipages 67-75
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit;
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk15-25-75945638
653 Kata Kunciibu anak prasekolah; 4R; masalah perilaku mengganggu; pemahaman
040 Sumber PengataloganLibUI ida rda
245 Judul UtamaIntervensi Pelatihan 4R (Respond, Review, Reflect, Right) pada Ibu Anak Prasekolah dengan Masalah Perilaku Mengganggu = The 4R (Respond, Review, Reflect, Right) Training Intervention for Preschool Children Mothers with Disruptive Behavior Problems
264c Tahun Terbit2025
650 Subyek TopikPreschool children.
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariRendahnya pemahaman Ibu tentang cara tepat penanganan masalah perilaku mengganggu pada anak prasekolah menyebabkan Ibu memilih cara yang menurutnya cepat dan mudah untuk diaplikasikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas dari intervensi pelatihan 4R untuk meningkatkan pemahaman 4R Ibu dalam menangani anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu. 4R terdiri dari empat langkah: Respond, Review, Reflect, Right (Borba, 2008) dan merupakan salah satu cara penanganan masalah perilaku mengganggu anak. Lima orang Ibu yang memiliki anak prasekolah dari PAUD di Pondok Kelapa, Jakarta Timur mengikuti intervensi selama tiga hari yang dilanjutkan dengan praktik langkah 4R di rumah. Pelatihan ini menggunakan desain one group pre-test and post-test dengan Kuisoner Pemahaman 4R sebagai alat ukur. Analisis hasil penelitian dengan Paired Sample T-Test serta menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil menunjukkan bahwa intervensi pelatihan 4R secara signifikan efektif dalam meningkatkan pemahaman 4R Ibu anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya modul pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman 4R Ibu dalam menangani anak prasekolah dengan masalah perilaku mengganggu. ......The mother's low understanding of the appropriate way to handle disruptive behavior problems in preschool children causes the mother to choose a method that?s quick and easy to apply. The purpose of the study was to know the effectiveness of 4R training interventions to improve Mother?s 4R understanding of handling preschoolers with disruptive behavior problems. 4R consists of four steps: Respond, Review, Reflect, Right (Borba, 2008). Five Mothers who have preschool children from PAUD in Pondok Kelapa, East Jakarta followed a three-day intervention that followed the practice of 4R steps at home. This training uses a one group pre-test and post-test design with a 4R Understanding Questionnaire as a measuring tool. The analysis of the results was conducted with the Paired Sample T-Test and the Wilcoxon Signed Rank Test. Results showed that interventions were significantly effective in improving the understanding of 4R preschool children Mothers with disruptive behavior problems. This study implies that the presence of learning modules can improve Mother's Understanding of the 4R in dealing with preschoolers with disruptive behavior problems.
904b Pemeriksa Lembar KerjaAdhityaN-Juli2025
090 No. Panggil SetempatT-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
d-Entri Tambahan Nama Orang
337 Media Typecomputer (rdamedia)
526 Catatan Informasi Program StudiPsikologi Terapan
100 Entri Utama Nama OrangCut Ira Dian Sari, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikxiii, 75 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAdhityaN-Juli2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaTesis
041 Kode Bahasaind