700 Entri Tambahan Nama Orang | Chotib, supervisor; Raldi Hendrotoro Seputro Koestoer, examiner; Hera Susanti, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global |
264b Nama Penerbit | Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia |
504 Catatan Bibliografi | pages 125-128 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
049 No. Barkod | 15-25-08838638 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 15-25-08838638 |
653 Kata Kunci | willingness to pay; electronic road pricing; sustainable transportation policy; aglomeration policy |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ida rda |
245 Judul Utama | Kajian Willingness to Pay untuk Penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jakarta: Studi Kasus di sepanjang Jalan Sudirman M. H. Thamrin = Willingness to Pay Study for Implementing Electronic Road Pricing (ERP) in Jakarta: A Case Study Along Sudirman M. H. Thamrin Roads |
650 Subyek Topik | Willingness to pay; Transportation--Management. |
264c Tahun Terbit | 2025 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | AdhityaN-Mei2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis willingness to pay (WTP) pengguna jalan terhadap rencana penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jakarta, khususnya di sepanjang Jalan Sudirman ? M. H. Thamrin. ERP merupakan salah satu strategi manajemen transportasi berbasis teknologi yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas, mengurangi polusi udara, dan meningkatkan efisiensi penggunaan ruang lalu lintas. Pendekatan penelitian menggunakan metode Contingent Valuation Method (CVM) untuk mengukur nilai WTP. Nilai WTP ditanyakan dengan dua skenario, yaitu tanpa dan dengan menyatakan secara eksplisit bahwa terdapat transparansi dalam pengelolaan dana pendapatan ERP dan juga alokasinya. Hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata nilai WTP dengan pernyataan eksplisit diterapkannya transparansi dan akuntabilitas pendapatan ERP memiliki nilai 12% lebih besar. Penelitian ini juga meneliti faktor-faktor yang memengaruhi nilai WTP terhadap ERP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghasilan, pengetahuan dan sikap, frekuensi kunjungan, dan transparansi pendapatan berpengaruh signifikan terhadap nilai WTP untuk ERP di sepanjang Jalan Sudirman ? M. H. Thamrin sebagai Kawasan aglomerasi di Jakarta. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk implementasi ERP, termasuk pentingnya sosialisasi, transparansi dan akuntabilitas dalam alokasi pendapatan ERP untuk pengembangan transportasi umum. Penemuan ini diharapkan dapat mendukung kebijakan transportasi berkelanjutan di Jakarta.
......This research aims to analyze the Willingness To Pay (WTP) of road users for the planned implementation of Electronic Road Pricing (ERP) in Jakarta, particularly along Sudirman ? M. H. Thamrin roads. ERP is a technology-based transportation management strategy designed to address traffic congestion, reduce air pollution, and improve the efficiency of traffic space utilization. The research employs the Contingent Valuation Method (CVM) to measure the WTP value. The WTP value was assessed under two scenarios: without and with explicit statements regarding ERP revenue transparency and allocation. The survey results indicate that the average WTP value with an explicit statement of ERP revenue transparency is 12% higher. This study also examines factors influencing WTP for ERP. The findings reveal that income, knowledge and attitudes, frequency of visits, and revenue transparency (accountability) significantly affect WTP for ERP along Sudirman ? M. H. Thamrin roads as aglomeration area in Jakarta . The study provides strategic recommendations for ERP implementation, emphasizing the importance of public awareness, transparency, and accountability in the allocation of ERP revenues for public transportation development. These findings are expected to support sustainable transportation policies in Jakarta. |
090 No. Panggil Setempat | T-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Kajian Pengembangan Perkotaan |
100 Entri Utama Nama Orang | Abdul Aziz, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
300 Deskripsi Fisik | 128 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | AdhityaN-Mei2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Tesis |
041 Kode Bahasa | ind |