700 Entri Tambahan Nama OrangHarinaldi, supervisor; Ridho Irwansyah, examiner; Mohammad Adhitya, examiner
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Teknik
264b Nama PenerbitFakultas Teknik Universitas Indonesia
852 LokasiPerpustakaan UI
504 Catatan Bibliografipages 53-54
049 No. Barkod14-25-06407083
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk14-25-06407083
653 Kata Kunciaerodynamics; aeroacoustics; propeller; bionics; noise reduction
040 Sumber PengataloganLibUI eng rda
245 Judul UtamaNumerical and Experimental Analysis of the Aeroacoustic and Aerodynamic Performance of Bionic Coupling Propeller = Analisis Numerik dan Eksperimental Kinerja Aeroakustik dan Aerodinamis dari Propeller Kopling Bionik
650 Subyek TopikAeroacoustics; Aerodynamics; Bionics; Propeller
264c Tahun Terbit2025
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariSebagai metode penggerak, baling-baling merupakan komponen penting dalam Pesawat Tanpa Awak yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan dalam penggunaan. Untuk mengatasi perkembangan regulasi kebisingin untuk UAV yang baru ini dan juga munculnya teknologi counter-UAV, mengurangi kebisingan aerodinamis dari balingbaling merupakan tujuan dari penelitian ini. Sejumlah penilitian sebelumnya berfokus pada desain bionik, yaitu desain yang meniru alam, seperti burung hantu long eared dan paus humpback. Penelitian ini mengaplikasian desain bionik terbaru pada sebuah balingbaling yang ketika digunakan pada sebuah sayap dapat mengurangi kebisingan aeroakustik hingga 9,94 dB. Dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics, persamaan Ffowcs Williams dan Hawkings dapat diterapkan untuk memprediksi karakteristik aeroakustik dari desain ini. Kemudian, hasil simulasi divalidasi dengan melakukan eksperimen dengan desain hasil 3D print. Hasil simulasi menunjukkan berkurangnya kebisingan sebesar 0,2 dB dengan pengurangan 5% dari daya dorong pada 6000 RPM. Sebaliknya, hasil eksperimen menunjukkan berkurangnya daya dorong dan peningkatan kebisingan pada RPM tinggi, tetapi pada RPM yang lebih rendah, terjadi pengurangan kebisingan sebesar 3 dB dengan peningkatan daya dorong. Desain ini dapat menciptakan turbulensi yang jauh lebih tenang di bagian leading-edge dan sekitar airfoil, sekaligus meningkatan laju peluruhan pada turbulensi wake. Pada akhirnya, desain ini terbukti bermanfaat secara akustik dan aerodinamis dalam kondisi operasi tertentu. ......As a method of propulsion, propeller is a vital component in Unmanned Aerial Vehicles which recently has seen a rise in usage. To counter the recent developments of noise regulation for UAVs and also the rise of counter-UAV technology, reducing the aerodynamic noise of a propeller is the aim of this thesis. Numerous studies previously focus on bionic designs, which is a design that imitates nature, such as the long-eared owl and humpback whale. This study applies a recent bionic design which when applied to a wing, reduces aeroacoustic noises by up to 9.94 dB, to a commercial propeller design. By using Computational Fluid Dynamics, Ffowcs Williams and Hawkings equation is performed to predict the aeroacoustic characteristics of this design. Then, the simulation results are validated through real experiment on a 3D printed design. The simulation showed an 0,2 dB reduction in noise at the expense of 5% of thrust at 6000 RPM. In contrast, real world experiment showed both loss of thrust and increase of noise, but at the lower RPM range, a 3 dB noise reduction is observed with an increase of thrust. The design creates a much calmer turbulence at the leading edge and around the airfoil, while also helps in increasing the decay rate at of the wake turbulence. Ultimately, the design proves to be beneficial acoustically and aerodynamically within a certain operating condition.
090 No. Panggil SetempatS-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiTeknik Mesin
100 Entri Utama Nama OrangMuhammad Alif Luthfi, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikxiv, 54 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaSkripsi
041 Kode Bahasaeng