700 Entri Tambahan Nama Orang | Harinaldi, supervisor; Ridho Irwansyah, examiner; Mohammad Adhitya, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Teknik |
264b Nama Penerbit | Fakultas Teknik Universitas Indonesia |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
504 Catatan Bibliografi | pages 53-54 |
049 No. Barkod | 14-25-06407083 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 14-25-06407083 |
653 Kata Kunci | aerodynamics; aeroacoustics; propeller; bionics; noise reduction |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI eng rda |
245 Judul Utama | Numerical and Experimental Analysis of the Aeroacoustic and Aerodynamic Performance of Bionic Coupling Propeller = Analisis Numerik dan Eksperimental Kinerja Aeroakustik dan Aerodinamis dari Propeller Kopling Bionik |
650 Subyek Topik | Aeroacoustics; Aerodynamics; Bionics; Propeller |
264c Tahun Terbit | 2025 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Mei 2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Sebagai metode penggerak, baling-baling merupakan komponen penting dalam Pesawat Tanpa Awak yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan dalam penggunaan. Untuk mengatasi perkembangan regulasi kebisingin untuk UAV yang baru ini dan juga munculnya teknologi counter-UAV, mengurangi kebisingan aerodinamis dari balingbaling merupakan tujuan dari penelitian ini. Sejumlah penilitian sebelumnya berfokus pada desain bionik, yaitu desain yang meniru alam, seperti burung hantu long eared dan paus humpback. Penelitian ini mengaplikasian desain bionik terbaru pada sebuah balingbaling yang ketika digunakan pada sebuah sayap dapat mengurangi kebisingan aeroakustik hingga 9,94 dB. Dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics, persamaan Ffowcs Williams dan Hawkings dapat diterapkan untuk memprediksi karakteristik aeroakustik dari desain ini. Kemudian, hasil simulasi divalidasi dengan melakukan eksperimen dengan desain hasil 3D print. Hasil simulasi menunjukkan berkurangnya kebisingan sebesar 0,2 dB dengan pengurangan 5% dari daya dorong pada 6000 RPM. Sebaliknya, hasil eksperimen menunjukkan berkurangnya daya dorong dan peningkatan kebisingan pada RPM tinggi, tetapi pada RPM yang lebih rendah, terjadi pengurangan kebisingan sebesar 3 dB dengan peningkatan daya dorong. Desain ini dapat menciptakan turbulensi yang jauh lebih tenang di bagian leading-edge dan sekitar airfoil, sekaligus meningkatan laju peluruhan pada turbulensi wake. Pada akhirnya, desain ini terbukti bermanfaat secara akustik dan aerodinamis dalam kondisi operasi tertentu.
......As a method of propulsion, propeller is a vital component in Unmanned Aerial Vehicles which recently has seen a rise in usage. To counter the recent developments of noise regulation for UAVs and also the rise of counter-UAV technology, reducing the aerodynamic noise of a propeller is the aim of this thesis. Numerous studies previously focus on bionic designs, which is a design that imitates nature, such as the long-eared owl and humpback whale. This study applies a recent bionic design which when applied to a wing, reduces aeroacoustic noises by up to 9.94 dB, to a commercial propeller design. By using Computational Fluid Dynamics, Ffowcs Williams and Hawkings equation is performed to predict the aeroacoustic characteristics of this design. Then, the simulation results are validated through real experiment on a 3D printed design. The simulation showed an 0,2 dB reduction in noise at the expense of 5% of thrust at 6000 RPM. In contrast, real world experiment showed both loss of thrust and increase of noise, but at the lower RPM range, a 3 dB noise reduction is observed with an increase of thrust. The design creates a much calmer turbulence at the leading edge and around the airfoil, while also helps in increasing the decay rate at of the wake turbulence. Ultimately, the design proves to be beneficial acoustically and aerodynamically within a certain operating condition. |
090 No. Panggil Setempat | S-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Teknik Mesin |
100 Entri Utama Nama Orang | Muhammad Alif Luthfi, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xiv, 54 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Mei 2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Skripsi |
041 Kode Bahasa | eng |