700 Entri Tambahan Nama OrangListya Tresnanti Mirtha, supervisor; Diantha Soemantri, examiner; Marsen Isbayuputra, examiner
001 Hak Akses (open/membership)membership
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Kedokteran
264b Nama PenerbitFakultas Kedokteran Universitas Indonesia
504 Catatan Bibliografipages 87-90
852 LokasiPerpustakaan UI
049 No. Barkod14-25-00336789
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk14-25-00336789
653 Kata Kunciaktivitas fisik; anak usia sekolah; keterampilan motorik; tumbuh kembang; Indonesia
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaHubungan Antara Tingkat Aktivitas Fisik dan Faktor Lainnya dengan Keterampilan Motorik Anak Usia Sekolah: Studi Potong Lintang pada Kota Besar di Indonesia = Relationship Between Physical Activity Levels and Other Factors with Motor Skills in School-Aged Children: A Cross-Sectional Study in Major Cities of Indonesia
650 Subyek TopikExercise; Motor Skills -- Child
264c Tahun Terbit2024
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariRiset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 melaporkan bahwa sebanyak 33,5% penduduk berusia ?10 tahun masih tergolong memiliki aktivitas fisik yang kurang (<150 menit/minggu). Padahal, aktivitas fisik memiliki peran krusial dalam perkembangan motorik dan kognitif pada anak. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat aktivitas fisik dan keterampilan motorik pada anak usia sekolah, sekaligus mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin terkait. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dengan data yang diambil dari SEANUTS 2.0. (South-East Asian Nutrition Survei) di Indonesia pada tahun 2020. Sampel terdiri dari 519 anak berusia 7?12 tahun yang berasal dari sebelas kota besar di Indonesia. Analisis dilakukan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berhubungan dengan keterampilan motorik, termasuk tingkat aktivitas fisik, usia, jenis kelamin, status ekonomi, pendidikan orang tua, indeks massa tubuh (IMT), dan status gizi anak. Selain itu, hubungan variabel-variabel ini dengan berbagai aspek keterampilan motorik juga dianalisis, yaitu pengendalian gerakan (control during movement), motorik halus/kemampuan menulis tangan (fine motor/handwriting), dan koordinasi umum (general coordination). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara tingkat aktivitas fisik dan keterampilan motorik (p<0,001). Analisis bivariat juga memperlihatkan bahwa usia (p<0,001), tingkat pendidikan ayah (p=0,004), dan status gizi (p=0,001) memiliki hubungan signifikan dengan keterampilan motorik. Lebih lanjut, regresi linear berganda mengindikasikan bahwa keterampilan motorik berhubungan dengan tingkat aktivitas fisik (p<0,001), usia (p<0,001), pendidikan ayah (p=0,019), dan status gizi anak (p=0,003). Secara keseluruhan, tingkat aktivitas fisik terbukti memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan motorik pada anak usia sekolah di kota besar di Indonesia. Faktorfaktor lain yang turut berkontribusi terhadap keterampilan motorik anak meliputi tingkat aktivitas fisik, usia, tingkat pendidikan ayah, dan status gizi. ......The 2018 Basic Health Research (Riskesdas) reported that 33.5% of the population aged ?10 years still has low physical activity levels (<150 minutes/week). Physical activity plays a crucial role in children?s motor and cognitive development. Based on this, the study aims to identify the relationship between physical activity levels and motor skills in school-aged children, while also exploring other potential influencing factors. This study uses a cross-sectional design with data from the SEANUTS 2.0 (South-East Asian Nutrition Survey) conducted in Indonesia in 2020. The sample includes 519 children aged 7?12 years from eleven major cities across Indonesia. The analysis evaluates factors associated with motor skills, including physical activity level, age, gender, socioeconomic status, parental education, body mass index (BMI), and nutritional status. Additionally, the relationships between these variables and various aspects of motor skills were analyzed, namely control during movement, fine motor/handwriting, and general coordination. The results indicate a significant relationship between physical activity levels and motor skills (p<0.001). Bivariate analysis also shows that age (p<0.001), father?s education level (p=0.004), and nutritional status (p=0.001) have a significant relationship with motor skills. Furthermore, multiple linear regression analysis reveals that motor skills are influenced by physical activity level (p<0.001), age (p<0.001), father?s education (p=0.019), and the child?s nutritional status (p=0.003). Overall, physical activity level has a proven significant relationship with motor skills in school-aged children in major cities in Indonesia. Other factors contributing to children?s motor skills include physical activity level, age, father?s education level, and nutritional status.
090 No. Panggil SetempatS-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumTidak dapat diakses di UIANA, karena: akan ditulis dalam bahasa Inggris untuk dipersiapkan terbit pada Jurnal Internasional yaitu yang diprediksi akan dipublikasikan pada bulan tahun
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiPendidikan Dokter
100 Entri Utama Nama OrangNancy Linardo, author
264a Kota TerbitJakarta
300 Deskripsi Fisikxvi, 83 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaSkripsi
041 Kode Bahasaind