001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangArdi Findyartini, supervisor; Dewi Friska, examiner; Aria Kekalih, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Kedokteran Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Kedokteran
504 Catatan Bibliografipages 59-64
049 No. Barkod14-25-72270274
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit;Deposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk14-25-72270274
653 Kata Kuncitransisi; pelanggaran; perilaku; profesionalisme; kedokteran
040 Sumber PengataloganLibUI eng rda
245 Judul UtamaEksplorasi Persepsi Mengenai Pelanggaran Perilaku Profesional Pada Mahasiswa Tingkat 1 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia = Exploration of The Perceptions Regarding Professional Lapses in First Year Students of the Faculty of Medicine, University of Indonesia
264c Tahun Terbit2023
650 Subyek TopikProfessionalism; Medicine
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariProfesionalisme dalam kedokteran, meliputi kesejahteraan pasien, otonomi, keadilan sosial, serta penguasaan diri, perlu dibentuk sejak masa preklinik melalui Professional Identity Formation (PIF). Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pandangan mahasiswa tingkat 1 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengenai pelanggaran perilaku profesional, sikap mereka, dan dampaknya. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui tiga sesi focus group discussion (FGD) yang melibatkan 20 mahasiswa dari kelas reguler dan khusus internasional, serta mempertimbangkan jenis kelamin. Penelitian ini mengidentifikasi enam tema utama: pemahaman profesionalisme, bentuk pelanggaran, faktor penyebab, dampak pelanggaran, respons mahasiswa, serta upaya pencegahan dan pengelolaan. Hasil menunjukkan mahasiswa memahami profesionalisme sebagai perpaduan kompetensi dan etika, menyadari berbagai bentuk pelanggaran dan faktor penyebabnya, serta dampaknya terhadap individu maupun institusi. Mereka juga mencatat pentingnya regulasi dan peran pengajar dalam mencegah serta menangani pelanggaran. Temuan ini menekankan perlunya pembinaan profesionalisme yang komprehensif sejak awal pendidikan kedokteran. ......Professionalism in medicine, encompassing patient welfare, autonomy, social justice, and self-mastery, needs to be cultivated early during the preclinical phase through Professional Identity Formation (PIF). This study aims to explore the perspectives of first-year medical students at the Faculty of Medicine, Universitas Indonesia, regarding breaches of professional behavior, their attitudes, and the resulting impacts. A descriptive qualitative method was employed, collecting data through three focus group discussions (FGDs) involving 20 students from regular and international classes, with gender considerations. The study identified six main themes: understanding professionalism, forms of violations, contributing factors, impacts of violations, student responses, and efforts for prevention and management. The results indicate that students perceive professionalism as a combination of competence and ethics, recognize various forms of violations and their causes, and understand the impacts on individuals and institutions. They also highlighted the importance of regulations and the role of educators in preventing and addressing violations. These findings emphasize the need for comprehensive professionalism development early in medical education.
904b Pemeriksa Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Maret 2024
090 No. Panggil SetempatS-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiPendidikan Dokter
100 Entri Utama Nama OrangGinting, Caroline Ayu Wisanggeni Hendro, author
264a Kota TerbitJakarta
300 Deskripsi Fisikxii, 64 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Maret 2024
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaSkripsi
041 Kode Bahasaind