001 Hak Akses (open/membership)membership
700 Entri Tambahan Nama OrangShanti Farida Rachmi, supervisor; La ode Abdul Rahman, examiner; Dewi Gayatri, examiner
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitFakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia
710 Entri Tambahan Badan KorporasiUniversitas Indonesia. Fakultas Ilmu Keperawatan
504 Catatan Bibliografipages 77-84
049 No. Barkod14-25-43643548
852 LokasiPerpustakaan UI
338 Carrier Typeonline resource (rdacarrier)
590 Cat. Sumber Pengadaan KoleksiDeposit;Deposit
903 Stock Opname
534 Catatan Versi Asli
Tahun Buka Akses2025
053 No. Induk14-25-43643548
653 Kata Kuncidukungan sosial; efikasi diri; aspek psikologis; nursing; OSCE
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
245 Judul UtamaHubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Aspek Psikologis pada Pengalaman mengikuti Objective Structured Clinical Examination (OSCE) = Relationship Between Self-Efficacy and Social Support with Psychological Aspects in the Experience of Participating in the Objective Structured Clinical Examination (OSCE)
264c Tahun Terbit2025
650 Subyek TopikSelf-efficacy
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPendahuluan: Respon mahasiswa dalam menghadapi OSCE berbeda-beda, namun sebagian besar mahasiswa mengalami kecemasan. Pada kondisi seperti ini, dibutuhkan dukungan sosial baik dari keluarga maupun kerabat dekat dan efikasi diri yang baik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk meninjau hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan aspek psikologis pada pengalaman mengikuti OSCE. Metode: Penelitian menggunakan studi cross-sectional dengan melibatkan 118 ners di DKI Jakarta yang telah mengikuti OSCE dengan metode purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari sosiodemografi, efikasi diri menggunakan GSE, dukungan sosial menggunakan ESSI, dan aspek psikologis menggunakan DASS-21. Analisis data menggunakan uji chi-square dan Mann-Whitney. Hasil: Uji Chi-square menunjukkan adanya hubungan antara efikasi diri dengan aspek psikologis (p=0,000) dan terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan aspek psikologis (p=0,004). Kesimpulan: Hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan aspek psikologis. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi institusi pendidikan untuk lebih memperhatikan kondisi psikologis mahasiswa, khususnya saat akan OSCE. ......Introduction: Nursing student responses to OSCE vary, but most experience anxiety. In this condition, social support from both family and close relatives is needed. Therefore, this study aims to examine the relationship between self-efficacy and anxiety levels during the experience of participating in OSCE. Methods: This cross-sectional study involved 118 nursing students in DKI Jakarta who had participated in OSCE through purposive sampling. The research variables consisted of sociodemographics, self-efficacy using GSE, social support using ESSI, and psychological aspects using DASS-21. Data analysis used chi-square and Mann-Whitney. Results: Chi-square test showed a relationship between self-efficacy and psychological aspects (p=0.000) and a relationship between social support and psychological aspects (p=0.004). Conclusion: The results of this study found a significant relationship between self-efficacy and social support with psychological aspects. Thus, the results of this study are expected to be a consideration for educational institutions to pay more attention to the psychological condition of students, especially when going to OSCE.
904b Pemeriksa Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
090 No. Panggil SetempatS-pdf
d-Entri Utama Nama Orang
500 Catatan UmumDapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja.
337 Media Typecomputer (rdamedia)
d-Entri Tambahan Nama Orang
526 Catatan Informasi Program StudiIlmu Keperawatan
100 Entri Utama Nama OrangErika Marsha Kurniawan, author
264a Kota TerbitDepok
300 Deskripsi Fisikxviii, 84 pages : illustration + appendix
904a Pengisi Lembar KerjaAmiarsih Indah Purwiati-Mei 2025
Akses Naskah Ringkas
856 Akses dan Lokasi Elektronik
502 Catatan Jenis KaryaSkripsi
041 Kode Bahasaind