700 Entri Tambahan Nama Orang | Ayu Widya Lestari, supervisor; Allenidekania, examiner; Happy Hayati, examiner |
001 Hak Akses (open/membership) | membership |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Keperawatan |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia |
504 Catatan Bibliografi | pages 47-51 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
049 No. Barkod | 14-25-06481330 |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 14-25-06481330 |
653 Kata Kunci | stimulasi; perkembangan motorik kasar; anak usia prasekolah |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Prasekolah = Factors Associated with Gross Motor Development in Preschool Children |
650 Subyek Topik | Motor ability in children; Preschool children |
264c Tahun Terbit | 2025 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Mei 2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Keterampilan motorik kasar melibatkan kemampuan untuk melakukan gerakan tunggal yang menggunakan otot besar. Pada usia prasekolah, motorik kasar menjadi indikator yang penting untuk terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga nanti saat di sekolah. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar seorang anak usia prasekolah. Faktor yang diteliti hubungannya dengan perkembangan motorik kasar dalam penelitian ini adalah stimulasi, pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jenis kelamin anak, usia ibu, usia anak, dan pekerjaan ibu. Desain penelitian ini menggunakan analisis korelatif dengan jumlah responden 94 ibu dan anak usia prasekolah. Teknik yang digunakan convenience sampling di DKI Jakarta. Penelitian ini memiliki hasil terdapat hubungan antara perkembangan motorik kasar dengan stimulasi ibu. Di sisi lain tidak terdapat hubungan antara perkembangan motorik kasar dengan pendidikan ibu dan pendapatan keluarga. Diperlukan penelitian selanjutnya dengan desain penelitian, populasi, dan sampel yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang lebih representatif.
......Gross motor skills involve the ability to perform single movements that use large muscles. In preschool age, gross motor is an important indicator for engaging in various sports activities later in school. Therefore, this study aims to determine the factors associated with gross motor development of a preschool-age child. This research design uses correlative analysis with a total of 94 respondents of mothers and preschool children. The technique used was convenience sampling in DKI Jakarta. This study has the result that there is a relationship between gross motor development and maternal stimulation. On the other hand, there is no relationship between gross motor development with mother's education and family income. Further research is needed with different research designs, populations, and samples to get more representative results. |
090 No. Panggil Setempat | S-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Keperawatan |
100 Entri Utama Nama Orang | Nadine Lailatus Sakinah, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xvi, 51 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | Amiarsih Indah Purwiati-Mei 2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Skripsi |
041 Kode Bahasa | ind |