001 Hak Akses (open/membership) | membership |
700 Entri Tambahan Nama Orang | Krisna Yetti, promotor; Enie Novieastari, co-promotor; Dewi Gayatri, co-promotor; Em Yunir, examiner; Hajjul Kamil, examiner; Kusrini Semarwati Kadar, examiner; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Keperawatan |
049 No. Barkod | 07-25-53767734 |
504 Catatan Bibliografi | pages 238-255 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI |
338 Carrier Type | online resource (rdacarrier) |
590 Cat. Sumber Pengadaan Koleksi | Deposit;Deposit;Deposit;Deposit |
903 Stock Opname | |
534 Catatan Versi Asli | |
Tahun Buka Akses | 2025 |
053 No. Induk | 07-25-53767734 |
653 Kata Kunci | model edukasi; pendekatan manajemen; kompetensi; perawat edukator; literasi kesehatan; diabetes melitus. |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
245 Judul Utama | Pengaruh Model Edukasi Dengan Pendekatan Manajemen Terhadap Kompetensi Perawat Edukator Serta Literasi Kesehatan Pasien Diabetes Melitus = The Influence of an Educational Model with a Management Approach on the Competency of Nurse Educators and the Health Literacy of Diabetes Mellitus Patients |
264c Tahun Terbit | 2025 |
650 Subyek Topik | Diabetics; Health literacy; Nurse educators; Health-Education |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Latar belakang: Perawat sebagai edukator memiliki peran penting dalam edukasi manajemen diabetes. Perawat berada pada posisi yang tepat untuk mengedukasi pasien karena mendampingi pasien diabetes dengan waktu lebih banyak dibandingkan profesi lain. Edukasi merupakan tanggung jawab mendasar bagi perawat agar pasien memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjalani hidup, cepat pulih, dan mencegah komplikasi akut serta kronis. Namun, edukasi pada pasien DM belum dikelola secara optimal karena kompetensi perawat edukator DM yang masih perlu ditingkatkan, serta jumlah perawat edukator DM di rumah sakit yang belum sebanding dengan jumlah pasien DM yang lebih banyak. Tujuan: Terbentuknya model edukasi dengan pendekatan manajemen untuk meningkatkan kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM. Metode penelitian: Penelitian ini terbagi dalam dalam tiga tahap penelitian. Tahap pertama menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari systematic review, FGD dan indepth interview, tahap kedua validasi model edukasi oleh pakar, tahap ketiga menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji efektiftas model edukasi dengan pendekatan manajemen dengan metode Quasi Eksperimen. Hasil: Tahap pertama teridentifikasi 5 tema sebagai komponen penyusunan model edukasi dengan pendekatan manajemen. Tahap kedua dihasilkan model edukasi dengan pendekatan manajemen yang memiliki komponen; perencanaan edukasi, pengorganisasian tenaga perawat, ketenagaan Perawat, pengarahan dan pengendalian. Tahap ketiga model edukasi dengan pendekatan manajemen berpengaruh secara bermakna terhadap kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM (p<0,05). Simpulan: model edukasi dengan pendekatan manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM. Saran: Model edukasi ini dapat diaplikasikan dirumah sakit guna meningkatkan kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM.
......Background: Nurses as educators play a critical role in diabetes management education. Nurses are well-positioned to educate patients due to their extended interaction time with diabetes patients compared to other professions. Education is a fundamental responsibility for nurses, enabling patients to acquire knowledge and skills to live better, recover faster, and prevent acute and chronic complications. However, education for diabetes mellitus (DM) patients has not been optimally managed due to the limited competency of nurse educators in DM care and an insufficient number of nurse educators compared to the increasing number of DM patients in hospitals. Objective: To develop an educational model with a management approach to improve the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients. Methods: This study was conducted in three stages. The first stage utilized a qualitative approach involving systematic review, focus group discussions (FGDs), and in-depth interviews. The second stage involved expert validation of the educational model. Using a quasi-experimental design, the third stage employed a quantitative approach to test the effectiveness of the management approach-based educational model. Results: In the first stage, five themes were identified for developing the educational model with a management approach. In the second stage, an educational model with a management approach was developed, comprising education planning, nurse workforce organization, staffing, directing, and controlling. The third stage demonstrated that the educational model with a management approach significantly impacted the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients (p<0.05). Conclusion: The educational model with a management approach significantly improves the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients. Recommendations: This educational model can be implemented in hospitals to enhance nurse educators' competency and improve DM patients' health literacy. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | |
090 No. Panggil Setempat | D-pdf |
d-Entri Utama Nama Orang | |
500 Catatan Umum | Dapat diakses di UIANA (lib.ui.ac.id) saja. |
337 Media Type | computer (rdamedia) |
d-Entri Tambahan Nama Orang | |
526 Catatan Informasi Program Studi | Ilmu Keperawatan |
100 Entri Utama Nama Orang | Asriadi, author |
264a Kota Terbit | Depok |
300 Deskripsi Fisik | xiv, 255 pages : illustration + appendix |
904a Pengisi Lembar Kerja | tanti-April2025 |
Akses Naskah Ringkas | |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | |
502 Catatan Jenis Karya | Disertasi |
041 Kode Bahasa | ind |