700 Entri Tambahan Nama Orang | |
001 Hak Akses (open/membership) | open |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | |
264b Nama Penerbit | Pusat Data dan Teknologi Informasi |
786c Entri Volume, no., tahun dan halama | Vol. 26 No. 1, Juni 2022: Hal. 23-38 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
049 No. Barkod | 08-25-48383119 |
110 Entri Utama Badan Korporasi | |
338 Carrier Type | volume (rdacarrier) |
786 Entri Sumber Data | JURNAL TEKNODIK |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 08-25-48383119 |
653 Kata Kunci | asam basa; e-ukbm kimia; kearifan lokal sikka; problem-based learning |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
245 Judul Utama | Pengembangan e-ukbm kimia asam basa berbasis problem-based learning terintegrasi kearifan lokal sikka |
650 Subyek Topik | Research; Learning Resource Network |
264c Tahun Terbit | 2022 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan sumber belajar yang kurang efektif pada masa pandemi dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Kimia terutama materi asam basa. Untuk mengatasinya, dilakukan penelitian pengembangan unit kegiatan belajar mandiri dalam bentuk elektronik (e-UKBM) untuk memfasilitasi pembelajaran selama work from home. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui cara mengembangkan e-UKBM Kimia Asam Basa untuk peserta didik dan pendidik; dan 2) menguji kelayakan e-UKBM Kimia Asam Basa berdasarkan hasil pengembangan pada tahap 1. Kemasan pembelajaran e-UKBM mengadopsi model problem-based learning yang diintegrasikan dengan kearifan lokal daerah Sikka. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Maumere, SMAN 2 Maumere, dan SMAK St. Gabriel Maumere yang berjumlah 40 orang serta pendidik berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kevalidan diperoleh nilai 81,37% (valid). Selanjutnya, e-UKBM Kimia dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran Kimia berdasarkan hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan luas. Hasil uji coba lapangan awal oleh peserta didik adalah 102,37 (kategori baik) dan pendidik adalah 105,00 (kategori baik). Pada uji lapangan luas oleh peserta didik hasilnya adalah 129,05 (kategori sangat baik) dan oleh pendidik adalah 144,00 (kategori sangat baik) |
022 ISSN (R) | 20883978 |
090 No. Panggil Setempat | 371 TEKNODIK 26:1 (2022) |
d-Entri Utama Nama Orang | |
245c Pertanggungjawaban | Klaudius Ware, Maria Setiawati Menge Badhi |
337 Media Type | unmediated (rdamedia) |
100 Entri Utama Nama Orang | M.A Yohanita Nirmalasari, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
904a Pengisi Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/885/510 |
310 Frekuensi Terbit | Dua kali setahun |
041 Kode Bahasa | ind |