700 Entri Tambahan Nama Orang
001 Hak Akses (open/membership)open
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan Korporasi
264b Nama PenerbitPusat Data dan Teknologi Informasi
786c Entri Volume, no., tahun dan halamaVol. 26 No. 1, Juni 2022: Hal. 23-38
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
049 No. Barkod08-25-48383119
110 Entri Utama Badan Korporasi
338 Carrier Typevolume (rdacarrier)
786 Entri Sumber DataJURNAL TEKNODIK
903 Stock Opname
053 No. Induk08-25-48383119
653 Kata Kunciasam basa; e-ukbm kimia; kearifan lokal sikka; problem-based learning
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaPengembangan e-ukbm kimia asam basa berbasis problem-based learning terintegrasi kearifan lokal sikka
650 Subyek TopikResearch; Learning Resource Network
264c Tahun Terbit2022
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaMuadz- April 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan sumber belajar yang kurang efektif pada masa pandemi dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Kimia terutama materi asam basa. Untuk mengatasinya, dilakukan penelitian pengembangan unit kegiatan belajar mandiri dalam bentuk elektronik (e-UKBM) untuk memfasilitasi pembelajaran selama work from home. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui cara mengembangkan e-UKBM Kimia Asam Basa untuk peserta didik dan pendidik; dan 2) menguji kelayakan e-UKBM Kimia Asam Basa berdasarkan hasil pengembangan pada tahap 1. Kemasan pembelajaran e-UKBM mengadopsi model problem-based learning yang diintegrasikan dengan kearifan lokal daerah Sikka. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Maumere, SMAN 2 Maumere, dan SMAK St. Gabriel Maumere yang berjumlah 40 orang serta pendidik berjumlah 4 orang. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kevalidan diperoleh nilai 81,37% (valid). Selanjutnya, e-UKBM Kimia dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran Kimia berdasarkan hasil uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan luas. Hasil uji coba lapangan awal oleh peserta didik adalah 102,37 (kategori baik) dan pendidik adalah 105,00 (kategori baik). Pada uji lapangan luas oleh peserta didik hasilnya adalah 129,05 (kategori sangat baik) dan oleh pendidik adalah 144,00 (kategori sangat baik)
022 ISSN (R)20883978
090 No. Panggil Setempat371 TEKNODIK 26:1 (2022)
d-Entri Utama Nama Orang
245c PertanggungjawabanKlaudius Ware, Maria Setiawati Menge Badhi
337 Media Typeunmediated (rdamedia)
100 Entri Utama Nama OrangM.A Yohanita Nirmalasari, author
264a Kota TerbitJakarta
904a Pengisi Lembar KerjaMuadz- April 2025
856 Akses dan Lokasi Elektronikhttps://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/885/510
310 Frekuensi TerbitDua kali setahun
041 Kode Bahasaind