001 Hak Akses (open/membership) | open |
700 Entri Tambahan Nama Orang | |
336 Content Type | text (rdacontent) |
264b Nama Penerbit | Pusat Data dan Teknologi Informasi |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | |
049 No. Barkod | 08-25-96108253 |
786c Entri Volume, no., tahun dan halama | Vol. 26 No. 1, Juni 2022: Hal. 69-88 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
110 Entri Utama Badan Korporasi | |
338 Carrier Type | volume (rdacarrier) |
786 Entri Sumber Data | JURNAL TEKNODIK |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 08-25-96108253 |
653 Kata Kunci | sanggar kegiatan belajar; model pembelajaran blended; tik untuk pembelajaran |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
245 Judul Utama | Analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran terintegrasi teknologi informasi dan komunikasi pada sanggar kegiatan belajar |
264c Tahun Terbit | 2022 |
650 Subyek Topik | Learning; Infrastructure |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Analisis yang dilakukan bertujuan mengidentifikasi kebutuhan inovasi model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) ditinjau dari aspek infrastruktur TIK, kesiapan pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan, dukungan kebijakan, motivasi peserta didik, serta inovasi model pembelajaran yang memanfaatkan TIK. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: 1) apa saja infrastruktur TIK minimal yang diperlukan untuk mengembangkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK di SKB; 2) bagaimana kesiapan pendidik dan peserta didik dalam pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis TIK di SKB; 3) bagaimana dukungan kebijakan terkait pemanfaatan TIK untuk pengembangan model pembelajaran inovatif; (4) bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik; dan 5) inovasi model pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SKB. Penelitian kualitatif dilakukan menggunakan metode pengumpulan data campuran. Pemilihan responden dilakukan dengan purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner daring, data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif, dilanjutkan pendalaman data melalui wawancara dan diskusi kelompok terpumpun (FGD) secara daring. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan perangkat TIK dan jaringan di SKB telah tersedia dengan memadai. Kesiapan peserta didik memanfaatkan TIK dalam pembelajaran cukup. Namun, di sisi lain, keikutsertaan pamong atau tutor dalam hal peningkatan kompetensi TIK masih rendah karena kurangnya program pelatihan serta minimnya aktivitas forum tutor atau pamong terkait inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan TIK. Inovasi model pembelajaran di SKB yang akan dikembangkan hendaknya sederhana, bermanfaat, dan menarik dengan menggunakan perangkat TIK yang dimiliki peserta didik dan pendidik. Selain itu, inovasi model pembelajaran ini juga harus memadukan aktivitas tatap muka dan daring (blended), tugas mandiri, presentasi disertai tindak lanjut pada saat kehadiran, serta mengakomodasi karakteristik peserta didik dan kekhasan lingkungan pembelajaran |
022 ISSN (R) | 20883978 |
090 No. Panggil Setempat | 371 TEKNODIK 26:1 (2022) |
d-Entri Utama Nama Orang | |
245c Pertanggungjawaban | Kusnandar, Nur Arfah Mega, Warisno |
337 Media Type | unmediated (rdamedia) |
100 Entri Utama Nama Orang | Ai Sri Nurhayati, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
904a Pengisi Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/793 |
310 Frekuensi Terbit | Dua kali setahun |
041 Kode Bahasa | ind |