001 Hak Akses (open/membership)open
700 Entri Tambahan Nama Orang
336 Content Typetext (rdacontent)
264b Nama PenerbitPusat Data dan Teknologi Informasi
710 Entri Tambahan Badan Korporasi
049 No. Barkod08-25-96108253
786c Entri Volume, no., tahun dan halamaVol. 26 No. 1, Juni 2022: Hal. 69-88
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
110 Entri Utama Badan Korporasi
338 Carrier Typevolume (rdacarrier)
786 Entri Sumber DataJURNAL TEKNODIK
903 Stock Opname
053 No. Induk08-25-96108253
653 Kata Kuncisanggar kegiatan belajar; model pembelajaran blended; tik untuk pembelajaran
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaAnalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran terintegrasi teknologi informasi dan komunikasi pada sanggar kegiatan belajar
264c Tahun Terbit2022
650 Subyek TopikLearning; Infrastructure
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaMuadz- April 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariAnalisis yang dilakukan bertujuan mengidentifikasi kebutuhan inovasi model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) ditinjau dari aspek infrastruktur TIK, kesiapan pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan, dukungan kebijakan, motivasi peserta didik, serta inovasi model pembelajaran yang memanfaatkan TIK. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: 1) apa saja infrastruktur TIK minimal yang diperlukan untuk mengembangkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK di SKB; 2) bagaimana kesiapan pendidik dan peserta didik dalam pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis TIK di SKB; 3) bagaimana dukungan kebijakan terkait pemanfaatan TIK untuk pengembangan model pembelajaran inovatif; (4) bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik; dan 5) inovasi model pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SKB. Penelitian kualitatif dilakukan menggunakan metode pengumpulan data campuran. Pemilihan responden dilakukan dengan purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner daring, data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif, dilanjutkan pendalaman data melalui wawancara dan diskusi kelompok terpumpun (FGD) secara daring. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan perangkat TIK dan jaringan di SKB telah tersedia dengan memadai. Kesiapan peserta didik memanfaatkan TIK dalam pembelajaran cukup. Namun, di sisi lain, keikutsertaan pamong atau tutor dalam hal peningkatan kompetensi TIK masih rendah karena kurangnya program pelatihan serta minimnya aktivitas forum tutor atau pamong terkait inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan TIK. Inovasi model pembelajaran di SKB yang akan dikembangkan hendaknya sederhana, bermanfaat, dan menarik dengan menggunakan perangkat TIK yang dimiliki peserta didik dan pendidik. Selain itu, inovasi model pembelajaran ini juga harus memadukan aktivitas tatap muka dan daring (blended), tugas mandiri, presentasi disertai tindak lanjut pada saat kehadiran, serta mengakomodasi karakteristik peserta didik dan kekhasan lingkungan pembelajaran
022 ISSN (R)20883978
090 No. Panggil Setempat371 TEKNODIK 26:1 (2022)
d-Entri Utama Nama Orang
245c PertanggungjawabanKusnandar, Nur Arfah Mega, Warisno
337 Media Typeunmediated (rdamedia)
100 Entri Utama Nama OrangAi Sri Nurhayati, author
264a Kota TerbitJakarta
904a Pengisi Lembar KerjaMuadz- April 2025
856 Akses dan Lokasi Elektronikhttps://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/793
310 Frekuensi TerbitDua kali setahun
041 Kode Bahasaind