700 Entri Tambahan Nama Orang
001 Hak Akses (open/membership)open
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan Korporasi
264b Nama PenerbitPusat Data dan Teknologi Informasi
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
786c Entri Volume, no., tahun dan halamaVol. 28 No. 1, Juni 2024: Hal. 1-13
049 No. Barkod08-25-64374939
110 Entri Utama Badan Korporasi
338 Carrier Typevolume (rdacarrier)
786 Entri Sumber DataJURNAL TEKNODIK
903 Stock Opname
053 No. Induk08-25-64374939
653 Kata Kunciplatform pembelajaran digital; pendidikan jarak jauh; on-line learning; e-learning; platform merdeka mengajar
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaPemanfaatan platform merdeka mengajar untuk pembelajaran pendidikan agama islam pasca -pandemi covid-19
264c Tahun Terbit2024
650 Subyek TopikEducation; Culture
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
904b Pemeriksa Lembar KerjaMuadz- April 2025
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPlatform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Pada saat penelitian ini berlangsung, PMM ini sudah dimanfaatkan oleh guru-guru dari sekitar 291.741 sekolah dari seluruh Indonesia, termasuk guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menganalisis pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pendidikan agama Islam di sekolah umum pasca-pandemi Covid-19. Ada tiga subfokus yang akan diteliti dan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan PMM, pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI, serta kendala dalam pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan dan SMA Muhammadiyah 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI dari kedua sekolah tersebut sudah sangat siap memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kinerja pembelajaran mereka. Dari fitur-fitur yang ada, yang terbanyak digunakan adalah fitur Inspirasi dan fitur Mengajar. Sementara itu, fitur pengembangan diri masih kurang diminati oleh guru-guru PAI. Ditemukan juga ada beberapa kendala dalam pemanfaatan PMM ini secara optimal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak yang berkepentingan
022 ISSN (R)20883978
090 No. Panggil Setempat371 TEKNODIK 28:1 (2024)
d-Entri Utama Nama Orang
245c PertanggungjawabanFatma Nurmulia, Ilham, Danish Syifa Anaqi
337 Media Typeunmediated (rdamedia)
100 Entri Utama Nama OrangRusjdy Sjakyakirti Arifin, author
264a Kota TerbitJakarta
904a Pengisi Lembar KerjaMuadz- April 2025
856 Akses dan Lokasi Elektronikhttps://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1125
310 Frekuensi TerbitDua kali setahun
041 Kode Bahasaind