700 Entri Tambahan Nama Orang | |
001 Hak Akses (open/membership) | open |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | |
264b Nama Penerbit | Pusat Data dan Teknologi Informasi |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
786c Entri Volume, no., tahun dan halama | Vol. 28 No. 1, Juni 2024: Hal. 1-13 |
049 No. Barkod | 08-25-64374939 |
110 Entri Utama Badan Korporasi | |
338 Carrier Type | volume (rdacarrier) |
786 Entri Sumber Data | JURNAL TEKNODIK |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 08-25-64374939 |
653 Kata Kunci | platform pembelajaran digital; pendidikan jarak jauh; on-line learning; e-learning; platform merdeka mengajar |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
245 Judul Utama | Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk pembelajaran pendidikan agama islam pasca -pandemi covid-19 |
264c Tahun Terbit | 2024 |
650 Subyek Topik | Education; Culture |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Pada saat penelitian ini berlangsung, PMM ini sudah dimanfaatkan oleh guru-guru dari sekitar 291.741 sekolah dari seluruh Indonesia, termasuk guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menganalisis pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pendidikan agama Islam di sekolah umum pasca-pandemi Covid-19. Ada tiga subfokus yang akan diteliti dan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan PMM, pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI, serta kendala dalam pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan dan SMA Muhammadiyah 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI dari kedua sekolah tersebut sudah sangat siap memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kinerja pembelajaran mereka. Dari fitur-fitur yang ada, yang terbanyak digunakan adalah fitur Inspirasi dan fitur Mengajar. Sementara itu, fitur pengembangan diri masih kurang diminati oleh guru-guru PAI. Ditemukan juga ada beberapa kendala dalam pemanfaatan PMM ini secara optimal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak yang berkepentingan |
022 ISSN (R) | 20883978 |
090 No. Panggil Setempat | 371 TEKNODIK 28:1 (2024) |
d-Entri Utama Nama Orang | |
245c Pertanggungjawaban | Fatma Nurmulia, Ilham, Danish Syifa Anaqi |
337 Media Type | unmediated (rdamedia) |
100 Entri Utama Nama Orang | Rusjdy Sjakyakirti Arifin, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
904a Pengisi Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1125 |
310 Frekuensi Terbit | Dua kali setahun |
041 Kode Bahasa | ind |