700 Entri Tambahan Nama Orang
001 Hak Akses (open/membership)open
336 Content Typetext (rdacontent)
710 Entri Tambahan Badan Korporasi
264b Nama PenerbitPusat Data dan Teknologi Informasi
049 No. Barkod08-25-76722296
786c Entri Volume, no., tahun dan halamaVol. 28 No. 1, Juni 2024: Hal. 15-27
852 LokasiPerpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
110 Entri Utama Badan Korporasi
338 Carrier Typevolume (rdacarrier)
786 Entri Sumber DataJURNAL TEKNODIK
903 Stock Opname
053 No. Induk08-25-76722296
653 Kata Kuncimedia pembelajaran; geografi; kelas xii; android; aplikasi kodular; metode waterfall; black-box testing
040 Sumber PengataloganLibUI ind rda
111 Entri Utama Nama Pertemuan
245 Judul UtamaPerancangan media pembelajaran geografi berbasis android kelas xii dengan menggunakan aplikasi kodular
650 Subyek TopikGeography libraries; Lectures
264c Tahun Terbit2024
850 Lembaga PemilikUniversitas Indonesia
520 Ringkasan/Abstrak/IntisariPembelajaran Geografi untuk siswa masih mengandalkan metode konvensional. Guru memberikan penjelasan melalui ceramah dengan bantuan media papan tulis, sementara siswa mencermati isi buku pelajaran selama proses pembelajaran. Pendekatan ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif, kurang menarik, serta lambat dipahami oleh siswa. Hal ini pada akhirnya memengaruhi tingkat prestasi mereka sehingga perlu dirancang sebuah media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang menarik khususnya pada mata pelajaran Geografi kelas XII dengan memanfaatkan aplikasi Kodular berbasis Android. Perancangan media pembelajaran ini menggunakan metode waterfall, yang terdiri atas tahap analisis kebutuhan perangkat lunak, desain perangkat lunak, pembuatan kode program, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran menggunakan metode Black-box testing yang difokuskan pada fungsionalitas aplikasi untuk memastikan pemenuhan spesifikasi kebutuhan. Hasil pengujian dengan metode Black-box testing menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid dengan semua tombol dan halaman berfungsi dengan baik. Dampak penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam konteks pendidikan Geografi di tingkat kelas XII.
904b Pemeriksa Lembar KerjaMuadz- April 2025
022 ISSN (R)20883978
090 No. Panggil Setempat371 TEKNODIK 28:1 (2024)
d-Entri Utama Nama Orang
337 Media Typeunmediated (rdamedia)
245c PertanggungjawabanFaiz Zahro, Ita Jazariyah
100 Entri Utama Nama OrangAkhmad Huda Huda, author
264a Kota TerbitJakarta
904a Pengisi Lembar KerjaMuadz- April 2025
856 Akses dan Lokasi Elektronikhttps://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1102
310 Frekuensi TerbitDua kali setahun
041 Kode Bahasaind