700 Entri Tambahan Nama Orang | |
001 Hak Akses (open/membership) | open |
336 Content Type | text (rdacontent) |
710 Entri Tambahan Badan Korporasi | |
264b Nama Penerbit | Pusat Data dan Teknologi Informasi |
049 No. Barkod | 08-25-76722296 |
786c Entri Volume, no., tahun dan halama | Vol. 28 No. 1, Juni 2024: Hal. 15-27 |
852 Lokasi | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
110 Entri Utama Badan Korporasi | |
338 Carrier Type | volume (rdacarrier) |
786 Entri Sumber Data | JURNAL TEKNODIK |
903 Stock Opname | |
053 No. Induk | 08-25-76722296 |
653 Kata Kunci | media pembelajaran; geografi; kelas xii; android; aplikasi kodular; metode waterfall; black-box testing |
040 Sumber Pengatalogan | LibUI ind rda |
111 Entri Utama Nama Pertemuan | |
245 Judul Utama | Perancangan media pembelajaran geografi berbasis android kelas xii dengan menggunakan aplikasi kodular |
650 Subyek Topik | Geography libraries; Lectures |
264c Tahun Terbit | 2024 |
850 Lembaga Pemilik | Universitas Indonesia |
520 Ringkasan/Abstrak/Intisari | Pembelajaran Geografi untuk siswa masih mengandalkan metode konvensional. Guru memberikan penjelasan melalui ceramah dengan bantuan media papan tulis, sementara siswa mencermati isi buku pelajaran selama proses pembelajaran. Pendekatan ini menyebabkan pembelajaran kurang efektif, kurang menarik, serta lambat dipahami oleh siswa. Hal ini pada akhirnya memengaruhi tingkat prestasi mereka sehingga perlu dirancang sebuah media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran yang menarik khususnya pada mata pelajaran Geografi kelas XII dengan memanfaatkan aplikasi Kodular berbasis Android. Perancangan media pembelajaran ini menggunakan metode waterfall, yang terdiri atas tahap analisis kebutuhan perangkat lunak, desain perangkat lunak, pembuatan kode program, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran menggunakan metode Black-box testing yang difokuskan pada fungsionalitas aplikasi untuk memastikan pemenuhan spesifikasi kebutuhan. Hasil pengujian dengan metode Black-box testing menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid dengan semua tombol dan halaman berfungsi dengan baik. Dampak penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam konteks pendidikan Geografi di tingkat kelas XII. |
904b Pemeriksa Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
022 ISSN (R) | 20883978 |
090 No. Panggil Setempat | 371 TEKNODIK 28:1 (2024) |
d-Entri Utama Nama Orang | |
337 Media Type | unmediated (rdamedia) |
245c Pertanggungjawaban | Faiz Zahro, Ita Jazariyah |
100 Entri Utama Nama Orang | Akhmad Huda Huda, author |
264a Kota Terbit | Jakarta |
904a Pengisi Lembar Kerja | Muadz- April 2025 |
856 Akses dan Lokasi Elektronik | https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1102 |
310 Frekuensi Terbit | Dua kali setahun |
041 Kode Bahasa | ind |