UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh komunikasi antarpribadi terhadap produktivitas kerja(studi kasus pada pusat dokumentasi dan informasi ilmiah lipi)

Rini Yuliastuti; Pinckey Triputra, supervisor; Bhenyamin Hoessein, examiner; Eduard Lukman, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui huhungan positif antara komunikasi antarpribadi yang mencakup dimensi kedekatan, empati, sikap positif, keterbukaan, kesetaraan dan sikap mendukung. masing-masing sebagai dimensi pada variabel. bebas, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dengan produktivitas kerja sebagai variabel terikat. Lehih lanjut, penelitian ini juga untuk mengetahui seberapa jauh variabel bebas tersebut berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan umur dapat meramalkan produktivitas kerja. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengetahui berapa besar sumbangan masing-masing dimensi variabel hebas tersebut terhadap variabel terikat.
Penelitian ini dilakukan di Jakarta dari hulan Oktober 1998 hingga Januari 1999. Populasi penelitian ini adalah karyawan dan pimpinan di kalangan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI Jakarta, Cibinong, dan Serpong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional dengan Sampel berjumlah 84 orang. Sampel tersebut diambil dengan teknik purposive random sampling. Dua buah instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) instrumen komunikasi antarpribadi yang mencakup dimensi kedekatan, empati, sikap positif, keterbukaan, kesetaraan dan sikap mendukung; 2) instrumen pengukur produktivitas kerja mencakup dimensi iklim komunikasi, kepuasan-kerja, dan motivasi kerja. Kedua instrumen ini berbentuk kuesioner dan menggunakan skala likert.
Instrumen komunikasi antarpribadi memiliki 43 butir soal, instrumen produktivitas kerja memiliki 51 butir soal. Kedua instrumen tersebut telah memenuhi syarat sebagai alat pengukur, baik validitas maupun reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi sederhana. Seluruh analisis di dalam pene1itian_ini menggunakan perangkat program komputer SPSS/PC+.
Penelitian menemukan terdapat hubungan positif antara komunikasi antarpribadi dan produktivitas kerja. Hal itu menunjukkan bahwa semakin; baik komnnikasi antarpribadi karyawan maupun pimpinan maka semakin tinggi pula produktivitas kerja mereka. Di pihak lain, juga terdapat hubungan positif yang bermakna antara kedekatan dan produktivitas kerja. Ada hubungan positif yang bermakna antara empati dan produktivitas kerja.
Terdapat pula hubungan positif yang bermakna antara sikap positif dan produktivitas kerja. Selain itu terdapat hubungan positif yang bermakna antara kesetaraan dan produktivitas kerja, jugs terdapat hubungan positif yang bermakna antara sikap mendukung dan produktivitas kerja.

 File Digital: 1

Shelf
 T10238-Rini Yuliastuti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : x, 164 pages ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-459761516 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 101898
Cover