UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektifitas pengolahan limbah cair dewats untuk menurunkan ammonia dan fosfat : studi kasus Rumah Sakit Bhakti Yudha Depok = Effectiveness of decentralized wastewater treatment system for reducing ammonia and phosphate : a case study of Bhakti Yudha Hospital, Depok

Sri Mahdiati; Soleh Kosela, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Konsep pengelolaan Iingkungan rumah sakit di Indonesia telah dikenal sejak lama sebagai bagian dari rutinitas internal kegiatan rumah sakit. Aplikasi konsep tersebut pada banyak rumah sakit dilaksanakan melalui praktek-praktek sanitasi lingkungan seperti pencegahan infeksi nosokomial, penyehatan ruang dan bangunan, pengendalian vektor, dan pengolahan limbah rumah sakit dengan mendirikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengolah limbah cair yang diproduksi rumah sakit.
Salah satu kendala yang dihadapi pihak rumah sakit dalam upaya pembangunan instalasi pembangunan pengolahan limbah adalah berkaitan dengan keterbatasan teknologi pengolah limbah dan biaya. Akibatnya sering dijumpai penanganan limbah yang tidak efektif dan efisien serta pemilihan dan penerapan teknologi yang kurang tepat sehingga limbah cair yang telah diolah masih memiliki kualitas yang tidak sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan. Masalah pemilihan dan penerapan teknologi pengolah limbah yang kurang tepat akan mengakibatkan kerusakan Iingkungan terutama badan air penerima atau sungai.

In Indonesia, concept of hospital management had been known as a part of internal activities ln hospital. Its application concept in hospital doing through environmental sanitation practices such as protection of nosokomial lnfecdon, room and building sanitation, vector protection and wastewater treatment.
One of constraint in hospital for construction wastewater treatment plant was related with limitation of wastewater treatment technology and oost. Because of them almost meet ineffective and inefficient wastewater treatment cause of election and application aren?t right, so tl1at outlet did not meet the required standard quality. The problem of election and application wastewater technology are not right, will adverse effects towards the environment.

 File Digital: 1

Shelf
 T10853-Sri Mahdiati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T10853
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 139 hlm. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T10853 15-21-365396772 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 103252
Cover