UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan community relations dan implementasi program community development BUMN : Studi kasus : Pola sosialisasi dan interaksi PT Perusahaan gas Negara terhadap masyarakat di wilayah pipa transmisi gas, Serang Propinsi Banten

Nasrullah Kusadjibrata; Harsono Suwardi, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Kajian ini mengasumsikan Good Coorporate Governance terbangun dalam jalinan relasi di antara tiga sektor: Korporasi, pemerintah dan publik, Masing - masing memiliki entitas dan kepentingannya sendiri. Adapun studi ini bertujuan untuk melakukan evaluasi implementasi program Community Development (Comdev), pengembangan sosial dan ekonomi dengan pendekatan sosialisasi dan interaksi korporasi terhadap masyarakat.Community Relations merupakan bentuk Coorporate Social Responsibiiity yang berupaya untuk membangun hubungan korporasi dengan stakeholdernya, masyarakat. Korporasi berupaya untuk berkembang bersama secara sosial maupun ekonomi, melakukan investasi sosial perusahaan (Coorporate Social Investment). Efektifitas dilakukan dengan sosialisasi dan Bila lebih menekankan komunikasi makna baik lisan, tulisan, secara verbal maupun non verbal. Maka interaksi lebih pada komunikasi sikap atau relasi fisikal.
Melalui penelitian kualitatif, evaluasi dengan studi kasus tunggal (single case study) di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Peneliti mengkaji upaya strategi komunikasi implementasi program Comdev. Penelitian dilakukan lewat pengumputan data secara primer dan sekunder, yakni wawancara mendalam (in-depth interview) dan data Iiteratur, disamping observasi. Teknik sampling ditakukan berdasarkan sampling bertujuan (Puiposive Sampling) dengan Snow Ball Sampling.
Dari analisis data ditemukan, strategi internal telah dibentuk divisional comdev officer untuk cakupan PTGI (Proyek). Sementara untuk coorporate handling, di bawah PUKK atau PKBL (Coorporate). Keduanya integratif. Dari strategi eksternal, dilakukan sosialisasi formal maupun infomaai. Keduanya menekankan aspek komunikasi pesan, saluran, obyek dan khalayak. Sehingga makna pesan diharapkan simetris dengan meminimalisir distorsi dan miskomunikasi. Korporasi ditempatkan sebagai "agen sosiaIisasi" yang beritikad agar nilai dan "maksud baik"-nya bisa efektif. Kualitas dan kuantitas Interaksi korporasi sangat berpengaruh pada efektifitas pemahaman pesan. Pada sisi Iain, skala mikro tatap muka menjadi penting karena memberi pemahaman tidak hanya hubungan fungsional juga emosional. Sebagai implikasi dan rekomendasi, pendekatan ilmu komunikasi biasanya berbasis pesan dengan Iebih menekankan coorporate image. Sementara paradigms Comdev moderen berupaya untuk terwujud sosial empowerment. Maka perlu juga pendekatan yang Iebih berbasis public centric, tidak sekedar coorporate Image karena kini masyarakat telah berubah ke alah yang lebih simetris terhadap korporasi.

 File Digital: 1

Shelf
 T22495-Nasrullah Kusadjibrata.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T22495
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 139 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22495 15-21-122727472 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 106401
Cover